Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie menyebut Ketua MPR RI Taufiq Kiemas sebagai sosok yang berani dan politisi mumpuni.

"Politisi yang mumpuni, mengedepankan komunikasi, tidak ada musuh dalam politik, membangun persahabatan dalam berpolitik," katanya saat menghadiri ulang tahun ke-70 Taufiq Kiemas di Balai Kartini Jakarta, Senin.

Marzuki mengaku banyak belajar dari sikap dan perbuatan Taufiq. "Kita harus mencontoh dalam berpolitik, tidak meledak-ledak walaupun berada pada partai opoisisi," kata politisi Partai Demokrat itu.

Sementara anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, menilai Taufik merupakan orang yang mampu mencairkan suasana, termasuk saat ada ketegangan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang juga istrinya.

"Bisa-bisa untuk 2014 nanti akan terjadi koalisi antara PD dan PDIP. Dalam politik bisa saja terjadi, kenapa tidak, karena sama-sama partai kebangsaan, mungkin terjadi," kata Hayono.

Peringatan ulang tahun Taufiq juga dihadiri mantan Presiden BJ Habibie, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Jusuf Kalla, tokoh Muhammadiyah Syafii Maarif, dan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012