Jakarta (ANTARA News) - Maserati akan meluncurkan sebuah model baru bermesin-menengah untuk menantang Porsche 911 pada 2015. Maserati akan memasang mesin V6 dan V8 serta sasis berdasarkan platform Alfa 4C pada model baru tersebut.

Meskipun Maserati '4C 'belum dikonfirmasi, Direktur Maserati Harald Wester mengisyaratkan model seperti itu sangat penting untuk target penjualan.

"Saat ini kami hanya mewakili 21 persen  pasar mobil sport mewah," katanya seperti dikutip Auto Car pada Kamis (27/12).

"Tapi pada 2015, kami akan menguasai sekitar 100 persen, cakupan pasar itu tidak mungkin terjadi tanpa saingan Porsche 911," katanya.

Model bermesin-menengah terbaru Maserati akan memainkan peran penting dalam rencana perusahaan untuk menjual 50.000 mobil per tahunnya di seluruh dunia pada 2015, naik 6.159 mobil dari tahun lalu.

Caranya, Maserati akan mengandalkan model Quattroporte terbaru, sedan Ghibli pesaing BMW Seri-5, SUV Maserati Levante terbaru dan model pesaing Porsche 911 yang masih dikonfirmasi.

Spekulasi pemilihan nama model itu kemungkinan jatuh pada GranSport dan kekuatannya berasal dari V6 twin-turbo yang menghasilkan tenaga 450 bhp atau V8 twin-turbo yang menghasilkan tenaga 550 bhp.

Maserati akan mengurangi bobot model itu sebanyak 1.400 kg, walaupun model V6 ditakdirkan menggunakan mesin penggerak roda belakang.

Ada kemungkinan V8 menggunakan mesin penggerak semua roda (AWD) seperti Quattroporte.

Mengingat hubungan yang erat antara Ferrari dan Maserati, model itu akan memiliki sebuah gearbox dual-clutch otomatis.

Model sport Maserati itu memiliki harga kurang dari £ 100.000 dengan karakter yang sedikit lebih mewah daripada Ferrari, demikian autonews.com melaporkan.

(adm)
Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2012