Sabda menjadi manusia untuk menjadi teladan kita dalam mengasihi."
Bandarlampung (ANTARA News) - Ribuan umat Nasrani mengikuti misa Natal 2012 di sejumlah gereja di Kota Bandarlampung, Senin malam, dengan penuh khidmat.

Misa malam Natal di Gereja Katedral Kristus Raja Tanjungkarang berlangsung dua kali, yakni pertama sekitar pukul 18.00 WIB hingga 20.00 WIB dipimpin oleh Mgr Hendri Susanto.

Sementara misa Natal kedua berlangsung pada pukul 20.00-22.00 WIB dipimpin oleh Kepala Pastur Gereja Kristus Raja Tanjungkarang Pit Yonanto.

Umat Kristiani sejak sore hari telah berbondong-bondong mengunjungi salah satu gereja tertua di Provinsi Lampung tersebut untuk mengikuti misa Natal.

Hujan gerimis di wilayah Kota Bandarlampung dan sekitarnya tidak mengurangi niat umat Kristiani untuk mengikuti prosesi ibadah misa Natal.

Sejumlah petugas juga terlihat mengamankan tempat ibadah umat Nasrani tersebut, meski tidak terlalu berlebihan.

Alat deteksi logam juga tampak ditempatkan menuju tempat peribadatan dan setiap pengunjung gereja itu diwajibkan untuk melewati pintu tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Petugas baik polisi maupun Pol PP Kota Bandarlampung memeriksa tas setiap orang yang akan memasuki tempat peribadatan di sana.

Mgr Hendri Susanto dalam misa Natal 2012 dengan tema "Allah Telah Mengasihi Kita" mengatakan kehadiran Kristus sebagai manusia dalam dunia ini mengajak umat Kristiani untuk mengasihi seperti Allah.

"Sabda menjadi manusia untuk menjadi teladan kita dalam mengasihi," kata dia.

Menurutnya, umat Kristiani diingatkan untuk mengasihi sesama manusia semata-mata karena menginginkan orang lain bahagia.

Sementara misa Malam Natal di Gereja Marturia Bandarlampung juga berlangsung khidmat dan lancar meski diwarnai hujan yang mengguyur koat itu sejak pukul 19.00 WIB.

Sejumlah pertugas baik TNI maupun Polri juga ditempatkan di sana untuk mengamankan prosesi ibadah. (A054/H009)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012