Merak (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuka posko di Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Kabupaten Cilegon, Banten untuk menyukseskan mudik Lebaran 2023 secara aman, berkesan, lancar, dan selamat sampai tujuan.
 
"Kita membuka posko itu selama 24 jam untuk memberikan informasi cuaca guna mendukung kelancaran penyeberangan," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tarjono di Merak, Rabu.
 
Ia menjelaskan bahwa BMKG siaga di Pelabuhan Merak dan Ciwandan untuk menyampaikan informasi kondisi cuaca terkini untuk keselamatan dan mendukung kelancaran penyeberangan.
 
Dia mengatakan aktivitas penyeberangan di pelabuhan itu dipastikan cenderung meningkat.
 
Oleh karena itu, BMKG hadir dengan memberikan informasi cuaca, baik berupa prakiraan cuaca maritim maupun informasi cuaca riil di pelabuhan.
 
"Kita berharap arus mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar dan selamat sampai tujuan," kata Tarjono.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi rob di 26 pantai di Bali
 
Pihaknya berpartisipasi dalam momen arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini dengan membuka posko.

BMKG menempatkan mobil cuaca di Pelabuhan Pelindo Ciwandan dan di Kantor BPTD Wilayah VIII Banten untuk pantauan cuaca di Provinsi Banten.
 
Untuk di Provinsi Lampung, BMKG hadir di Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni.

Informasi yang diberikan berupa keadaan cuaca riil setiap jam, prakiraan cuaca untuk enam jam ke depan, peringatan dini tinggi gelombang dan peringatan dini cuaca apabila terpantau akan berpotensi terjadi perubahan cuaca yang cukup signifikan.
 
Penyampaian informasi cuaca itu untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pelayaran serta memberikan rasa aman dan nyaman para pemudik yang menggunakan moda transportasi laut.
 
"Kami mendukung mudik tahun ini berkesan, aman, dan selamat sampai tujuan sehingga dapat merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman," kata dia.
 
Rojak, seorang pewarta media nasional, mengaku setiap hari mengakses informasi cuaca dari Posko BMKG Pelabuhan Ciwandan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.
 
"Kami sangat terbantu adanya posko BMKG itu, sehingga dapat mengakses informasi cuaca dan gelombang Perairan Selat Sunda bagian utara yang menjadi lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni," katanya.

Baca juga: BMKG: Waspada banjir rob seiring adanya gerhana matahari hibrida
Baca juga: BMKG prakirakan empat kabupaten di Kaltim hujan petir Rabu-Kamis

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023