Jayapura (ANTARA) -
Polda Papua mengajak seluruh warga setempat untuk menciptakan mudik lebaran aman dan damai agar tercipta situasi kamtibmas kondusif serta Kamseltibcarlantas yang lancar di Bumi Cenderawasih.
 
Kabid Humas Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam siaran pers di Jayapura, Rabu, mengatakan

Untuk itu bagi warga yang akan mudik dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat silakan mengecek kembali kondisi kendaraan.
 
"Mulai dari kelengkapan administrasi hingga kelayakan digunakan sehingga bisa sampai dengan selamat di tempat tujuan," katanya.

Menurut Ignatius, begitu juga dengan warga yang menggunakan moda transportasi laut maupun udara untuk mengecek kembali administrasi pribadi seperti ktp maupun surat surat lainnya agar semua dapat berjalan dengan lancar.

"Jelang perayaan tersebut pemerintah pusat, daerah serta kabupaten/kota telah mengeluarkan keputusan tentang hari libur dan cuti bersama kepada seluruh aktifitas perkantoran, perusahaan maupun sekolah-sekolah," ujarnya.

Dia menjelaskan guna memberikan rasa aman juga pihak Polda Papua telah menggelar Operasi Ketupat
yang terdiri dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya dengan kesiapan yang dilakukan mewujudkan pelayanan dan pengamanan arus mudik jauh lebih baik lagi dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Operasi yang digelar Polri dengan sandi "Operasi Ketupat Cartenz-2023 selama 14 hari terhitung mulai 18 April sampai dengan1 Mei 2023, melibatkan sebanyak 350 personel sehingga memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik lebaran," katanya lagi.

Dia menambahkan yang mana berdasarkan keputusan pemerintah tentang penetapan hari libur nasional jelang perayaan Idul Fitri 1444 H/2023 M untuk perlu disikapi dengan baik, arif dan bijaksana oleh seluruh warga di Papua.

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023