Beijing (ANTARA) - Seorang pejabat China, Senin (17/4), menekankan pentingnya memastikan keamanan bendungan di seluruh negeri selama musim banjir yang sedang berlangsung.

Sembari meningkatkan perkiraan, peringatan, dan langkah darurat; departemen terkait di seluruh China harus melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan bendungan secara rutin, demikian disampaikan Menteri Sumber Daya Air Li Guoying dalam konferensi video.

Berbagai departemen itu harus mempercepat pembangunan sistem pemantauan curah hujan dan banjir dengan bantuan satelit meteorologi, radar curah hujan, dan stasiun hidrologi, kata Li, seraya menekankan pengembangan teknologi konservasi air digital.

Berbagai upaya juga harus dilakukan untuk memperkuat bendungan, membatasi penggunaan waduk yang berada dalam bahaya, serta menyingkirkan semua bangunan ilegal di sekitarnya, imbuhnya.

Saat ini, China memiliki lebih dari 97.000 bendungan dari semua jenis, yang sebagian besar berukuran kecil atau sedang. China menganggarkan subsidi sebesar 3 miliar yuan di tahun anggaran 2023 untuk memperkuat waduk-waduk kecil.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023