Meskipun, jumlah penonton diprediksi tidak seperti pada babak semifinal ada sekitar belasan ribu penonton. Namun, aparat keamanan tetap sesuai prosedur pengamanan laga final,"
Solo (ANTARA News) - Panitia pelaksana pertandingan antara Tim Persisam Samarinda melawan Sriwijaya FC akan menyediakan tiket masuk sebanyak 12.000 lembar pada babak final Inter Island Cup (IIC) 2012 di Stadion Manahan Solo, Minggu (23/12).

Panpel memang hanya mencetak tiket masuk 12.000 lembar atau tidak sesuai kapasitas stadion sekitar 35 ribu penonton, karena dua tim yang bertanding berasal dari luar Jawa, kata Ketua Panpel lokal Paulus Haryoto, di Solo, Kamis.

Menurut Paulus Haryoto, kedua tim yang berlaga di final IIC tersebut tempatnya di luar Jawa, sehingga kemungkinan mendatangkan suporter sebanyak-banyak ke Kota Solo, sangat kecil.

Hal tersebut, kata dia, tidak seperti jika yang bertanding tim asal Jawa seperti Arema Indonesia Malang jumlah suporter sampai sekitar 5.000 orang.

Panpel pada babak final IIC di Kota Solo ini, juga menurunkan harga tiket untuk meningkatkan animo masyarakat terutama kaum muda yang mencintai olahraga sepak bola agar berduyun-duyun datang ke stadion menonton laga Persisam melawan Sriwijaya FC.

Harga tiket untuk tribun ekonomi di bagian timur dijual hanya Rp10.000 per lembar sedangkan kelas VIP untuk tribun selatan dan timur Rp25 ribu per lembar dan tribun tengah Rp35 ribu per lembar.

Selain itu, Panpel juga telah mempersiapkan ratusan petugas keamanan baik dari Kepolisian, TNI, dan elemen masyarakat sesuai prosedur pengamanan seperti biasanya.

"Meskipun, jumlah penonton diprediksi tidak seperti pada babak semifinal ada sekitar belasan ribu penonton. Namun, aparat keamanan tetap sesuai prosedur pengamanan laga final," katanya.

Kedua tim, yakni Persisam dan Sriwijaya Fc akan datang ke Solo, pada Jumat (21/12). Mereka setibanya di Kota Solo, tidak melakukan latihan, tetapi rombongan langsung ke penginapannya masing-masing.

"Tim Persisam dan Sriwijaya baru akan melakukan uji lapangan pada Sabtu (22/12) pagi. Persisam uji lapangan di Stadion Manahan sesi pertama pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB dan Sriwijaya pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB.

"Pertandingan babak final antara Persisam melawan Sriwijaya FC di Stadion Manahan, Minggu (23/12), dan kick off pada pukul 19.00 WIB," katanya.

Panpel Persis Solo dalam babak final akan mengundang ribuan siswa sekolah sepak bola di Kota Solo agar ikut menyaksikan pertandingan tersebut. Pertandingan final ini, bisa untuk pengetahuan dan pengalaman mereka di lapangan kelak.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012