Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa naik pada awal perdagangan Selasa, ketika investor menunggu lebih banyak laporan keuangan bank AS untuk mengukur kesehatan sektor ini, sementara pemulihan ekonomi China yang lebih kuat dari perkiraan meningkatkan sentimen.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik tipis 0,2 persen, setelah minggu dimulai dengan mundurnya indeks dari tertinggi satu tahun, mengakhiri rentetan kemenangan lima hari.

Saham sektor perbankan terangkat 0,8 persen, pulih dari kerugian sektor ini pada Senin (17/4/2023).

Perekonomian China tumbuh 4,5 persen tahun ke tahun untuk kuartal pertama, melampaui ekspektasi sebagian besar para ekonom.

Pasar sekarang akan waspada terhadap laporan dari Goldman Sachs Group Inc dan Bank of America Corp di kemudian hari, sementara Morgan Stanley akan dirilis pada Rabu (19/4/2023), setelah hasil luar biasa dari bank besar AS lainnya minggu lalu.

UBS Group AG bertambah 1,1 persen karena bank Swiss itu membuat perubahan pada program pembelian kembali sahamnya senilai 6 miliar dolar AS setelah pengambilalihan Credit Suisse Group AG.

EasyJet PLC melonjak 3,0 persen karena maskapai penerbangan itu mengatakan mengharapkan laba setahun penuh untuk mengalahkan perkiraan pasar, didorong oleh pemesanan musim panas dan permintaan yang kuat selama Paskah meskipun ada pemogokan Prancis.

Investor juga akan memantau survei ZEW Jerman, yang dijadwalkan pada pukul 09.00 GMT, diharapkan menunjukkan bahwa kondisi ekonomi di ekonomi terbesar di kawasan itu membaik pada April dari bulan sebelumnya.


Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat jelang lebih banyak laba bank besar AS
Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didorong harapan berakhirnya kenaikan bunga AS
Baca juga: Saham Eropa dibuka naik tipis menjelang data inflasi AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023