Kami menyiapkan 100 banner di 100 titik posko lebaran di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat yang mudik mengetahui di posko itu bisa ada jasa atau layanan yang diberikan untuk keamanan kenyamanan dari pemudik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyiapkan informasi dan layanan di 100 titik posko lebaran Polri untuk mewujudkan mudik lebaran yang aman dan nyaman #DiIndonesiaAja.

"Kita harapkan kerja sama ini akan mampu menghadirkan mudik lebaran yang aman dan nyaman #DiIndonesiaAja," kata Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kolaborasi ini ditandai dengan penyerahan spanduk gulung atau roll banner yang di dalamnya terdapat sebuah kode QR (quick response) Linktree berisikan berbagai informasi yang dapat dipindai atau scan dengan gawai.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan, program atau informasi tersebut yang dapat diakses masyarakat dengan memindai QR Code yang tertera dalam roll banner yang didistribusikan ke 100 titik posko lebaran berkolaborasi dengan Korlantas Polri.

Semua program ini disatukan ke dalam sebuah QR Code Linktree yang dapat dipindai dengan ponsel masing-masing pada 100 Roll Banner Mudik Lebaran.

"Kami menyiapkan 100 banner di 100 titik posko lebaran di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat yang mudik mengetahui di posko itu bisa ada jasa atau layanan yang diberikan untuk keamanan kenyamanan dari pemudik. Maupun juga promosi mengenai berbagai tempat untuk berwisata," ujar Made.

Sebelumnya, Kemenparekraf bersama k/l dan berbagai pihak lainnya telah menyiapkan program-program untuk menunjang momentum libur Lebaran dan mudik 2023, di antaranya menyiapkan media center untuk pemantauan aktivitas wisata selama libur lebaran dan mudik melalui platform sisparnas.kemenparekraf.go.id, penerbitan Surat Imbauan pemantauan libur hari raya Idul Fitri 1444 H terkait keamanan, kenyamanan, ketertiban, serta penerapan CHSE di destinasi pariwisata kepada Dinas Pariwisata (Dispar).

Kemenparekraf juga meluncurkan sejumlah program terkait paket wisata, yakni program Beli Kreatif Paket Desa Wisata (Beti Dewi), program 100 Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu) yang bekerja sama dengan Dispar dari 34 provinsi, serta e-booklet "Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja.


Baca juga: Jasa Raharja pasang alat rating pengemudi bus, pastikan keselamatan
Baca juga: Penumpang melonjak, Bandara Soetta kembali operasikan terminal 1B
Baca juga: KAI sebut peningkatan kapasitas kereta arus mudik maksimal


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023