Jakarta (ANTARA) - Pebalap Aprilia Racing Maverick Vinales mengatakan semakin percaya diri menuju MotoGP Spanyol, menyusul pencapaiannya di balapan utama GP Amerika akhir pekan lalu yang berhasil finis di posisi keempat.

“Saya sangat tersanjung. Ini adalah balapan yang sangat cepat dan saya melewati putaran demi putaran dengan baik, memperbaiki posisi saya. Tetapi, kami akan tetap memperbaiki posisi awal karena tidak ada keraguan bila kami bisa meraih posisi depan dari sejak awal balapan, hasilnya bisa lebih baik lagi!” kata Vinales dikutip dari keterangan resmi, Senin.

Lebih lanjut, Vinales mengaku cukup bangga dengan pencapaiannya meskipun ia belum berhasil berdiri di podium. Menurutnya, hal itu merupakan “balas dendam” yang manis setelah ia jatuh-bangun di balapan Sprint yang menantang.

Baca juga: Sirkuit Jerez diperbaiki jelang Grand Prix MotoGP 2023

Ia pun mengukuhkan posisinya di kejuaraan tersebut lewat peralihan podium. Semua ia lakukan dengan kehilangan sayap kanan depannya selama balapan.

“Kami memiliki kecepatan dan ini sangatlah penting. Saya sangat yakin dengan motor ini bahkan ketika saya harus duel dengan pebalap lain, sangat yakin hingga hari ini saya berhasil mengambil banyak posisi dan efektif bahkan saat pengereman walau kehilangan sayap kanan depan saya,” ujar Vinales.

“Kami lebih cepat dari yang kami pikir. Setelah tiga kali balapan, kami berada di posisi baik di klasemen dan kami menuju Jerez dengan percaya diri,” imbuhnya.

Di balapan Sprint, Vinales gagal mendapatkan putaran terbaiknya karena bendera kuning dikeluarkan akibat adanya kecelakaan dengan pebalap lain. Namun ia tetap mendapatkan kecepatan baik dari awal hingga mendapatkan posisi ke-8 di grid.

Pebalap Spanyol itu pun terpaksa memacu dirinya untuk mengembalikan posisinya setelah mengawali balap dengan kurang sempurna. Jatuh ke posisi 18 di putaran pertama, dengan penuh perjuangan ia meraih posisi ke-10.

“Pada Sprint, saya melakukan kesalahan dan saya sangat fokus untuk tidak melakukan hal itu lagi. Kami akan menganalisa data untuk memperbaiki aspek ini karena bagaimanapun juga kami memiliki target,” katanya.

Sementara itu, MotoGP akan kembali bergulir di putaran Spanyol yang bakal digelar di Sirkuit Jerez, pada akhir April.

Baca juga: MotoGP Amerika: Rins raih kemenangan di COTA menyusul blunder Bagnaia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023