Kalau tidak, bisa dipastikan partai politik Islam cuma jadi pendorong mobil saja.
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mahfudz Siddiq mengatakan, partai-partai berbasis massa Islam bisa mengusung calon presiden pada Pemilihan Presiden 2014 dengan tiga syarat.

"Ada tiga syarat yang harus dilewati partai politik berbasis massa Islam untuk mengusung calon presiden sendiri tahun 2014. Kalau tidak, bisa dipastikan partai politik Islam cuma jadi pendorong mobil saja," kata Mahfudz di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Ketua Komisi I DPR RI itu, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah konsolidasi partai-partai berbasis massa Islam untuk menyelesaikan masalah internal masing-masing.

"Kedua, ada kemauan untuk melakukan komunikasi antar parpol Islam. Ketiga, harus ada kemauan untuk menyepakati satu tokoh atau figur yang tentu saja bisa mewakili pandangan politik parpol Islam," katanya.

"Dalam penentuan itu tidak boleh mengedepankan pandangan sempitnya masing-masing," tambah dia.

Ia mengatakan, PKS mendorong partai-partai berbasis massa Islam untuk melakukan konsolidasi, komunikasi, dan membuat agenda bersama untuk pemilihan presiden tahun 2014.

"Tentu saja parpol Islam juga harus mampu berkolaborasi dengan parpol lain," katanya.

(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012