Di bagian ujung Tol Cisumdawu yang terkoneksi dengan KM 152 Tol Cipali, kita mempersiapkan titik temu
Kertajati, Jawa Barat (ANTARA) - ASTRA Tol Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) mempersiapkan titik temu untuk mengarahkan lalu lintas pindah lajur atau taper antara KM 152 Tol Cipali dengan Akses Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dalam rangka kelancaran arus lali lintas saat masa angkutan Lebaran 2023.

"Di bagian ujung Tol Cisumdawu yang terkoneksi dengan KM 152 Tol Cipali, kita mempersiapkan titik temu untuk mengarahkan lalu lintas pindah lajur atau taper Tol Cipali dengan Tol Cisumdawu," ujar Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali Firdaus Azis dalam Media Gathering di Kertajati, Jawa Barat, Jumat.

Firdaus menambahkan, ASTRA Tol Cipali berusaha untuk memastikan bahwa akses dari Tol Cisumdawu dapat lancar saat memasuki Tol Cipali.

KM 152 Tol Cipali merupakan area atau titik pertemuan antara Tol Cipali dengan Tol Cisumdawu.

Pekerjaan tapering tersebut diharapkan dapat selesai pada Sabtu (15/4).

Baca juga: ASTRA Tol Cipali dukung mudik Lebaran lewat peningkatan fasilitas tol

Baca juga: Pemprov Lampung perbaiki jalan dekat gerbang tol jelang Lebaran 2023


"Terkait dengan Tol Cisumdawu ini sifatnya fungsional, dan berdasarkan info yang kami dapatkan fungsional tol tersebut dibatasi mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 3 sore hari," kata Firdaus.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan untuk pengaturan lalu lintas saat Tol Cisumdawu dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

Jalan Tol Cisumdawu yang akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 km).

Jalan Tol Cisumdawu sebelumnya telah beroperasi pada Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 km) sejak Januari 2022 serta Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 km) yang beroperasi sejak Desember 2022 sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Natal - Tahun Baru 2022/2023.

Baca juga: HKI konstruksi dua tol Trans Sumatera untuk fungsional Lebaran

Baca juga: Tol Cisumdawu menuju arah Cipali beroperasi pukul 06.00 hingga 15.00 WIB

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023