Hijaunya akan lebih ditebalkan
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa lantai beton di sisi selatan kawasan Monas tetap ada, namun dipercantik dengan penghijauan pada sisi kanan dan kirinya.
 
"Kita tetap seperti itu. Kiri kanannya saja yang kita hijaukan dan mungkin ada sedikit ada penyesuaian, tapi posisinya tetap seperti itu. Hijaunya akan lebih ditebalkan," kata Heru di RPTRA Kecapi, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat.
 
Heru mengatakan akan melanjutkan revitalisasi Monas sesuai hasil sayembara. Pemprov DKI juga akan meminta rekomendasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) soal pohon yang akan ditanam.
 
"Kan itu hasil sayembara. Saya melanjutkan dari hasil sayembara itu. Nanti pohon-pohonnya kita minta rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup," ujar Heru.
 
Lebih lanjut, Heru mengaku sudah melaksanakan rapat dan tinggal menunggu jawaban Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).
 
"Kemarin saya sudah rapat di Balai Kota, tinggal nanti Kemensetneg rapat di sana karena beliau sebagai pembina dan pemilik lahan Monas. Ketika beliau menyampaikan konsepnya sudah oke, kita jalankan," jelas Heru.
 
Adapun dana revitalisasi Monas, kata Heru, berasal dari pemda DKI dan pemerintah pusat.
 
"Anggarannya dari pemda DKI, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, KAI, yang posisi Gambir-nya, dan PUPR," ucap Heru.
 
Sebelumnya, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Daerah (Sekda) DKI Afan Adriansyah Idris menyebut bahwa biaya rencana penghijauan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) pada tahap pertama diperkirakan mencapai Rp100 miliar.
 
“Total anggaran untuk yang tahap pertama ini Rp100 miliar kalau enggak salah,” kata Afan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Anggaran tahap satu revitalisasi yang akan dimulai Juli atau Agustus 2023 ini, kata Afan, merupakan kolaborasi antara APBD dan APBN.
 
Lebih lanjut, Afan menjelaskan bahwa penghijauan di kawasan Monas itu akan bertambah menjadi 64 persen, dari yang sebelumnya hanya 50 persen.

Baca juga: Dana revitalisasi penghijauan Monas tahap pertama sebesar Rp100 miliar

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023