Jakarta (ANTARA) - Rapat Paripurna DPR RI Ke-21 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023, Kamis, menyetujui perpanjangan pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan, RUU tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, serta RUU tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

"Apakah dapat kita setujui perpanjangan waktu pembahasan terhadap ketiga RUU tersebut sampai dengan masa persidangan lima yang akan datang, apakah dapat kita setujui?" tanya Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta.

Pertanyaan itu dijawab setuju oleh seluruh anggota dan perwakilan fraksi yang hadir pada Rapat Paripurna DPR RI.

Dasco menjelaskan bahwa pimpinan komisi terkait, yakni Komisi IV, Komisi VII, dan Komisi VIII DPR RI meminta perpanjangan waktu pembahasan ketiga RUU tersebut dalam Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Badan Musyawarah DPR RI pada Rabu (12/4).

"Meminta perpanjangan waktu untuk pembahasan terhadap RUU tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, RUU tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan, dan RUU tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak," kata dia.

Pada kesempatan itu, Dasco juga mengumumkan bahwa DPR RI memasuki masa reses mulai tanggal 14 April hingga 15 Mei 2023 untuk menyapa, mendengarkan, dan menyerap aspirasi rakyat.

"Jelaskan tugas-tugas konstitusional yang telah dilaksanakan DPR RI, serta mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong untuk membangun kemajuan Indonesia," kata Dasco membacakan pidato penutupan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dia juga menyampaikan ucapan selamat bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Berdasarkan laporan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, rapat paripurna tersebut dihadiri 45 orang wakil rakyat secara fisik dan sebanyak 245 anggota DPR RI lainnya mengikuti rapat secara virtual. Sedangkan satu anggota DPR RI lainnya menyatakan izin.

"Berjumlah 291 dari 575 anggota DPR RI dan dihadiri oleh anggota dari seluruh fraksi yang ada di DPR," ucap Dasco di awal rapat.

Hadir pula dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-21 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023 itu, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus dan Rachmat Gobel.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023