Waspadai potensi hujan lebat di Bulungan, Malinau, dan Tana Tidung, Nunukan, dan Tarakan, hingga Kamis (13/4/2023)
Tanjung Selor (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tanjung Harapan, Tanjung Selor, meminta masyarakat waspadai hujan lebat disertai petir yang akan mengguyur merata di lima kabupaten Kalimantan Utara (Kaltara).

“Waspadai potensi hujan lebat di Bulungan, Malinau, dan Tana Tidung, Nunukan, dan Tarakan, hingga Kamis (13/4/2023),” kata Prakirawan BMKG Tanjung Selor M Hermansyah di Tanjung Selor, Kaltara, Selasa.

Hujan lebat di Bulungan diperkirakan turun pada malam hari sekitar pukul 23.00 WITA di Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Bunyu, dan Kecamatan Sekatak.

Sedang di Kabupaten Malinau potensi hujan deras terjadi di Kecamatan Pujungan pada siang hari. Adapun di Kabupaten Tana Tidung, potensi hujan lebat mengguyur Kecamatan Tana Lia pada pukul 23.00 WITA.

Baca juga: Hujan lebat-angin kencang diprakirakan BMKG landa Kaltara malam ini

Untuk prakiraan cuaca jalur transportasi Trans Kalimantan, Jalur Tanjung Selor cenderung akan mengalami hujan ringan dan pada malam dan dini hari.

Meski begitu, kata dia, Jalur Tanjung Palas hingga Panca Agung akan mengalami hujan ringan pada sore hari dan berlanjut hujan deras disertai petir pada malam hari.

Perbatasan Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung hingga memasuki kawasan Kabupaten Nunukan, diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

BMKG juga memperkirakan tinggi gelombang di perairan Kaltara antara 0,1 meter sampai 0,5 meter dengan arah angin dari Tenggara ke Barat Daya berkecepatan dua sampai 12 knots.

Perairan terdekat Kaltara yaitu perairan Sulawesi Bagian Barat, angin akan bertiup dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan dua sampai 12 knots dengan tinggi gelombang 0,1 meter hingga 0,5 meter.

Baca juga: Empat titik api terdeteksi di Pulau Sebatik

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023