Pelabuhan bantuan Ciwandan ini, bantuan untuk peak season. Ini rencananya untuk motor semua
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyampaikan bahwa Pelabuhan Ciwandan, Banten, diperuntukkan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor dan angkutan logistik selama masa Lebaran 2023.

"Pelabuhan bantuan Ciwandan ini, bantuan untuk peak season. Ini rencananya untuk motor semua," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam Media Gathering Angkutan Lebaran 2023 di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kapolri minta operasional Pelabuhan Ciwandan disosialisasikan

Shelvy menjelaskan, semua pemudik yang menggunakan sepeda motor secara otomatis akan diarahkan melalui Pelabuhan Ciwandan untuk memecah kepadatan pemudik pengguna sepeda motor yang ingin menyeberang ke Pulau Sumatera.

Lebih lanjut, saat pemesanan tiket melalui aplikasi atau situs Ferizy, pengguna jasa akan diminta mengisi jenis kendaraan apa yang akan digunakan pada saat mudik. Jika mengisi moda transportasi roda dua, maka akan langsung tertera pelabuhan mana yang harus disambangi saat hari H.

"Kalau dia masukkan roda dua akan keluar Ciwandan, jadi memang sudah otomatis. Kendaraan logistik juga dialihkan ke Ciwandan di H-7, jadi ketika dia memasukkan kendaraan Golongan 5B langsung keluar Ciwandan," kata Shelvy.

Pelabuhan Ciwandan mengalokasikan tiga dermaga yakni Dermaga 5A, Dermaga 3 dan Dermaga 7. Sedangkan Pelabuhan Panjang, Lambung dua dermaga yaitu Dermaga B dan C.

Pada lintasan Ciwandan-Bakauheni, Lampung, telah dipersiapkan 11 Kapal Ro-Ro (Roll-on/roll-off), lintasan Ciwandan-Panjang dua kapal PT ALP dan PT Pelni, sehingga total terdapat 14 kapal yang beroperasi.

Pelabuhan Merak, Banten sendiri dikhususkan untuk moda transportasi roda empat atau kendaraan pribadi dan bus.

PT ASDP Indonesia Ferry juga membeli beberapa lahan yang digunakan untuk parkir kendaraan. Saat ini kapasitas parkir di Pelabuhan Merak menjadi 5.526 kendaraan kecil. Angka ini bertambah 1.000 jika dibandingkan dengan 2022.

Baca juga: Menko PMK : Pelabuhan Ciwandan layani pemudik lebaran 2023

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023