Jakarta (ANTARA News) - Utusan Badan Sepakbola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) yang diundang dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI tiba di Hotel Aquarius, Palangkaraya, Senin pagi.

Ketiga utusan dari organisasi sepakbola dunia dan Asia itu adalah Marco Leal dari AFC sedangkan dua lainnya dari FIFA, yakni James Kitching dan Jeysing Muthiah. Mereka tiba di hotel yang menjadi lokasi KLB PSSI sekitar pukul 08.30 WIB, dikutip dari situs resmi IPL.

Sesampainya di lobi hotel, mereka disambut oleh Sekjen PSSI Halim Mahfudz, Ketua Joint Committee Saut Sirait, Ketua Komite Kompetisi Sihar Sitorus, dan CEO LPIS Widjajanto. Sambutan hangat juga ditujukan kepada mereka oleh para peserta kongres yang banyak berada di lobi hotel.

Sebelumnya, PSSI menyatakan tetap akan menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar di Palangkaraya, Senin (10/12) pagi. Kongres ini merupakan amanat FIFA agar Indonesia tidak disanksi oleh organisasi sepakbola dunia tersebut.

Pernyatan ini disampaikan Sekjen PSSI Halim Mahfudz usai melakukan pertemuan dengan seluruh peserta kongres di Hotel Luwansa, di Palangkaraya, Senin (10/12) dini hari. Pernyataan Halim ini juga menepis keraguan soal jadi tidaknya KLB PSSI di ibukota Kalimantan Tengah itu.

"Dalam posisi seperti itu tidak ada pilihan lain bagi PSSI kecuali menyelenggarakan kongres di sini," kata Halim yang dilansir situs resmi IPL.

Sebelumnya, memang sempat muncul di permukaan penyataan Plt Menpora Agung Laksono yang tidak memberikan rekomendasi untuk KLB PSSI di Palangkaraya.

Menurut Halim, jika PSSI tidak menggelar KLB, maka tanggal 14 Desember, FIFA akan memutuskan sanksi kepada federasi. Pasalnya, PSSI dianggap tidak mampu menyelenggarakan kongres.

Oleh karena itu, lanjut Halim, PSSI menyelenggarakan kongres paling lambat 10 Desember 2012. Hal ini berdasarkan keputusan FIFA yang diberikan sejak Oktober 2012 lalu.

"Kalau sanksi jatuh, maka bukan hanya pemain saja yang dirugikan tapi bangsa ini juga. Kalau ditanya apakah kita akan menyelenggarakan kongres, kita akan tetap laksanakan karena bagi PSSI itu adalah kewajiban," tegasnya.

Sehari sebelum kongres, para peserta melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Djohar Arifin Husin, Ketua Komite Kompetisi Sihar Sitorus, dan Sekjen Halim Mahfudz.(*)

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012