TNI siap membantu Polda Papua menindak kelompok bersenjata,"
Jayapura (ANTARA News) - Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua menegaskan TNI saat ini sudah siap membantu Polda Papua untuk menindak tegas kelompok bersenjata yang masih seringkali menganggu ketenteraman masyarakat serta menyerang pos keamanan.

"TNI siap membantu Polda Papua menindak kelompok bersenjata," tegas Pangdam Cenderawasih dihadapan bupati-walikota se Papua dalam rapat kerja terbatas dalam rangka persiapan pemilukada di Jayapura, Kamis.

Mayjen Christian Zebua menyatakan apa yang dilakukan kelompok sipil bersenjata sangat meresahkan masyarakat sehingga harus ditindak tegas karena apa yang mereka lakukan adalah tindak kriminal sehingga harus diberi sanksi hukum.

Walaupun demikian, kata Pangdam Cenderawasih, bila ada keinginan dari kelompok sipil bersenjata untuk kembali kekampung dan tidak menganggu baik masyarakat maupun aparat keamanan maka pihaknya menjamin keamanan serta akan meminta ke Polda Papua agar tidak diproses hukum.

Pangdam Cenderawasih pada kesempatan itu juga meminta kepada para bupati-walikota agar turut serta membantu menyadarkan masyarakatnya agar tidak saling bertikai hingga jatuh korban.

"Stop sudah pertikaian antarelit politik karena yang jadi korban adalah rakyat, beda pendapat itu hal yang wajar," kata Pangdam Mayjen. TNI Zebua.

Menurut dia, hingga saat ini banyak orang di Papua yang tingkat kesejahteraannya masih memprihatinkan sehingga kedepan diharapkan dengan menyadari perbedaan serta dapat mengatasinya kedamaian dapat segera terwujud.

"Kapan bisa membangun kalau setiap saat terjadi konflik atau pertikaian dan yang akan menderita adalah masyarakat itu sendiri," kata Pangdam Cenderawasih .Hal seperti itu diharapkan tidak terjadi lagi sehingga masyarakat dapat merasakan arti pembangunan yang sesungguhnya dan mereka dapat memperoleh kesejahteraan yang menjadi dambaan semua orang.

(E006/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012