Mamuju (ANTARA News) - Mentri Perindustrian akan meresmikan pembangunan pabrik minyak goreng yang didanai anggaran pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Kabupaten Mamuju Utara.

"Pemerintah di Sulbar telah meminta kepada Mentri Perindustrian MS Hidayat untuk meresmikan pembangunan pabrik minyak goreng terbesar di Sulawesi yang akan dibangun di Kabupaten Mamuju Utara (Matra)," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, Menteri Perindustrian juga sudah menyepakati dan tinggal mengatur jadwal kapan peresmian pembangunan pabrik minyak goreng yang mulai dibangun awal tahun 2013 mendatang.

Menurut dia, pabrik minyak goreng di kota Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, merupakan pabrik minyak goreng terbesar di sulawesi karena memiliki luas lahan untuk pembangunannya sekitar 1,3 hektare, selain itu akan menghabiskan anggaran Rp1,7 triliun.

Gubernur mengatakan, industri minyak goreng terbesar yang akan memasok minyak goreng keseluruh wilayah di kawasan Timur Indonesia ini dibangun bersama dengan investor PT Astra Group.

Ia mengatakan, pembangunan minyak goreng di Sulbar karena daerah ini merupakan penghasil crude palm oil (CPO) terbesar di kawasan Timur Indonesia dengan produksi diatas 100 ribu ton pertahun.

"Mamuju dan Mamuju Utara merupakan daerah penghasil CPO terbesar di Kawasan Timur Indonesia makanya pabrik industri minyak goreng di daerah ini," ujarnya

Ia berharap dengan dibangunnya pabrik minyak goreng akan dapat meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat dalam rangka menekan pengangguran daera

"Pembangunan pabrik tersebut juga sejalan dengan program Master Plan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) koridor Sulawesi, sehingga juga mendapat perhatian dari pemerintah pusat yang ingin memajukan ekonomi di kawasan timur Indonesia," katanya.

(KR-MFH)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012