Shenyang (ANTARA) - Sebuah kereta yang mengangkut kontainer kargo dari negara-negara anggota Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP), seperti Laos, Vietnam, dan Jepang, berangkat dari Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Perdagangan Chengtong di Distrik Baru Shenbei di Shenyang, ibu kota Provinsi Liaoning, China timur laut, Sabtu (18/3) pagi waktu setempat.

Kereta tersebut menandai pembukaan sebuah rute pengiriman kargo internasional baru untuk negara-negara anggota RCEP melalui Shenyang ke Eropa via perdagangan entrepot.

Dengan sumber daya jalur kereta yang melimpah, Pelabuhan Perdagangan Chengtong menghubungkan berbagai rute logistik, seperti kereta barang China-Eropa dan Jalur Kereta China-Laos, yang memfasilitasi pengumpulan dan pengangkutan barang perdagangan umum, barang e-commerce lintas perbatasan, barang transit, dan barang berikat di lokasi yang sama.

Distrik Baru Shenbei berencana membangun sebuah pusat layanan perusahaan RCEP seluas 20.000 meter persegi, memperluas fokusnya dari satu saluran logistik menjadi sebuah tata letak industri dan rantai pasokan yang komprehensif, menurut otoritas setempat, demikian Xinhua.



Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023