Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perhutani) melalui anak usahanya Palawi Risorsis (Econique) berkomitmen memperbaiki pengelolaan wisata alam agar kerusakan lingkungan akibat aktivitas motor trail tak lagi terulang di Ranca Upas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
 
"Kami siap melakukan perbaikan di dalam pengelolaan wisata dan bersinergi dengan semua pihak," kata Direktur Utama Palawi Risorsis, Lucy Mardijana Soebijakso dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Lucy mengatakan kerusakan wisata alam Ranca Upas menjadi pembelajaran untuk semua pihak sekaligus auto kritik bagi perseroan untuk memperbaiki semua standar operasional prosedur yang ada demi pengelolaan wisata yang lebih baik ke depan.

Baca juga: Polisi usut kasus kerusakan Bunga Rawa Edelweiss di Rancaupas

Baca juga: Pakar sebut Bunga Rawa yang rusak di Rancaupas sangat langka
 
Pada 5 Maret 2023, rombongan komunitas pengendara motor trail menerobos masuk lahan perkemahan di kawasan wisata alam Ranca Upas. Lahan perkemahan yang semula ditumbuhi rumput hijau langsung berubah warna menjadi cokelat oleh kubangan lumpur dan tanah akibat terlindas ban motor trail.
 
Bahkan, bunga edelweiss rawa yang tumbuh di kawasan wisata alam tersebut, juga ikut rusak akibat olahraga ekstrem tersebut.
 
Sebagai bentuk tanggung jawab, Perhutani melakukan rehabilitasi dengan menyediakan 5.000 bibit edelweiss rawa untuk ditanam di Ranca Upas.
 
Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Asep Dedi Mulyadi mengatakan pihaknya menyesalkan terjadinya peristiwa di Ranca Upas dan sudah merespons cepat dengan melakukan penanaman di lokasi yang mengalami kerusakan lingkungan.
 
"Kegiatan penanaman akan terus dilakukan dengan melibatkan para pecinta alam, pemerhati lingkungan dan pemangku kepentingan terkait," kata Asep.

Baca juga: IMI Jabar sanksi panitia balap motor trail di Ciwidey

Baca juga: Sandiaga sayangkan event balap motor trail rusak kebun bunga edelweiss
 
Pada 13 Maret 2023, Perhutani menerima audiensi dari Aliansi Pecinta Alam se-Jawa Barat. Audiensi itu dilatarbelakangi terjadinya peristiwa viral saat pelaksanaan acara motor trail di Ranca Upas.
 
Di akhir audiensi, Aliansi Pecinta Alam se-Jawa Barat bersama Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten serta Palawi Risoris menyepakati komitmen bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan di kawasan wisata alam.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023