Gorontalo (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan sosialisasi Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Plt Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Ruandha Agung Sugardiman pada kegiatan itu mengatakan, program itu dilakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pengendalian perubahan iklim.

"Kita sudah melakukan sosialisasi Indonesia Forestry and Other Land Use atau FOLU Net Sink 2030 dalam rangka bagaimana Indonesia bisa mengurangi emisi gas rumah kacanya dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya," ucap Dia.

Ruandha mengingatkan, dibutuhkan peran semua pihak, lintas generasi, lintas disiplin, lintas sektor untuk secara kolektif ikut memikirkan inovasi dan solusi di seluruh bidang kehidupan.

Baca juga: Indonesia butuh Rp204 triliun untuk mencapai "FOLU Net Sink 2030"

Baca juga: KLHK ajak keterlibatan semua pihak sukseskan FOLU Net Sink 2030


"Perlu pondasi yang kuat terkait perlindungan lingkungan dan iklim," tegas dia.

Ia mengungkapkan, dari data yang ada di Kementerian KLHK ,data penutupan lahan dari tahun 1990 sampai 2022 tingkat deforestasi Gorontalo masih cukup rendah.

"Jadi ini bisa kita pertahankan dalam rencana kerja, ini menjadi salah satu upaya-upaya apa saja yang harus kita detailkan kemudian juga tutupan hutan di Gorontalo ini masih cukup baik," bebernya.

Ruandha menjelaskan bahwa Provinsi Gorontalo sudah selesai melakukan penataan batas luar. "Kami harapkan pada tahun ini segera kami selesaikan pengukuhan kawasan hutan untuk Provinsi Gorontalo ini," pungkas dia.

Pada tahun 2022, Kementerian LKH telah melakukan sosialisasi Indonesia’s Forestry and Other Land Use Net Sink 2030 di 12 provinsi dan tahun 2023 akan melakukan sosialisasi di 22 provinsi lainnya.

Baca juga: Menteri LHK tegaskan keseriusan Indonesia tangani perubahan iklim

Baca juga: KLHK ajak masyarakat adat Papua Barat dukung aksi FOLU Net Sink
Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Ruandha Agung Sugardiman (kedua kanan) bersama Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe (kedua kiri) berfoto bersama pada pembukaan kegiatan sosialisasi Indonesia Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (15/3/20234). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023