Kita akan membangun SPKLU di tempat parkir di kawasan kantor bupati. Dan Insya Allah ini akan menjadi fasilitas bagi masyarakat yang sudah memiliki kendaraan listrik baik itu motor maupun mobil listrik
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, secara resmi membuka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Mall Ciputra, Citra Raya, Panongan, sebagai upaya mendukung pengembangan kendaraan ramah lingkungan.

"SPKLU sebetulnya sudah ada di beberapa pusat perbelanjaan di Kabupaten Tangerang dan hari ini diresmikan di Mall Ciputra Citra Raya. Jadi Pemkab Tangerang sudah berkomitmen untuk melakukan program green energy," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan sebagai upaya mendukung pengembangan kendaraan bertenaga listrik yang ramah lingkungan, maka pihaknya juga akan membangun SPKLU di tempat parkir di kawasan pemerintahannya.

"Kita akan membangun SPKLU di tempat parkir di kawasan kantor bupati. Dan Insya Allah ini akan menjadi fasilitas bagi masyarakat yang sudah memiliki kendaraan listrik baik itu motor maupun mobil listrik," katanya.

Ia pun berharap ke depan akan banyak SPKLU baru yang terbangun di lokasi lainnya sebagai upaya memudahkan pelayanan pengisian listrik kendaraan di Kabupaten Tangerang.

Baca juga: SPKLU hadir di Aeon Mall BSD untuk mudahkan pemilik kendaraan listrik

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN Banten dan Cikupa yang sudah memberikan fasilitas SPKLU ini," ujarnya.

Ia menambahkan Pemkab Tangerang akan secara bertahap mengikuti aturan dan anjuran terkait penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. "Ini kan perlu proses dan tahapan, tidak bisa secara cepat karena kita melihat juga dari APBD Kabupaten Tangerang sendiri. Tapi yang jelas kami sudah melangkah ke arah sana," katanya. 

Sementara itu General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis mengatakan di wilayah Tangerang sudah ada enam lokasi SPKLU yang dibangun di beberapa mall, termasuk di Kantor PLN.

Dia menjelaskan sistem pengisian SPKLU di Mall Ciputra sudah memakai sistem fast charging, dari posisi 20 persen ke 100 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk penuh.

"Perkembangannya cukup baik masyarakat yang sudah mulai beralih ke mobil listrik. Saya juga sangat bersyukur bahwa Pemkab Tangerang sudah melakukan. Mereka juga sudah meminta dibangun SPKLU di kawasan Puspem Tigaraksa," jelas dia.

Baca juga: Pj Gubernur DKI minta izin baru gedung sertakan kewajiban SPKLU


 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023