Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel meninjau proving ground atau kawasan pengujian kendaraan bermotor di Zalaegerszeg, Hungaria untuk menjadi referensi pembangunan di Indonesia.

“Ini sangat penting bagi Indonesia agar kita bisa mendapatkan perbandingan model proving ground seperti apa yang akan dikembangkan Indonesia dalam membangun industri otomotif di Tanah Air,” kata Gobel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Gobel mengatakan sejak 2022, Indonesia mulai membangun proving ground sendiri di Bekasi, Jawa Barat. Konsorsium Jepang-Indonesia berhasil memenangkan tender pembangunan proving ground di atas lahan seluas 250 hektare tersebut.

Pembangunan proving ground ini, katanya, merupakan bagian dari pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, yang merupakan investasi Jepang. Pasar Indonesia yang besar merupakan daya tarik tersendiri untuk memiliki fasilitas proving ground.

“Dengan adanya proving ground di Bekasi, maka Indonesia bisa menjadi basis industri otomotif. Bukan hanya untuk pasar dalam negeri, melainkan untuk kebutuhan ekspor,” katanya.

Baca juga: Menhub berkunjung ke Hungaria membahas pengelolaan "proving ground"
Baca juga: Menhub minta Jepang percepat realisasi proyek Proving Ground Bekasi


Kehadiran Pelabuhan Patimban dan kawasan proving ground di Bekasi, kata Gobel, akan mendorong langkah berikutnya, yaitu kehadiran industri perakitan mobil secara lebih komprehensif.

“Hal ini akan meningkatkan TKDN (tingkat komponen dalam negeri), menyerap tenaga kerja yang besar, menumbuhkan UMKM sektor otomotif, dan menghasilkan devisa,” katanya.

Gobel menekankan tentang tahapan transfer teknologi. Pertama, pengembangan sumber daya manusia melalui pekerjaan yang ditekuninya. Kedua, memahami sebuah industri berbasis teknologi. Ketiga, terjadi transfer teknologi melalui kemampuan inovasi teknologi.

“Melalui inovasi, insinyur kita telah memiliki kemampuan memperbarui dan menciptakan teknologi baru. Itu hanya terjadi jika kita memiliki data memadai dan riset yang terus-menerus. Kehadiran proving ground memungkinkan untuk itu,” katanya.

Dalam peninjauan itu, Gobel menyaksikan fasilitas pengujian rem, fasilitas pengujian di tanjakan, fasilitas pengujian di jalan basah, fasilitas pengujian di berbagai jenis medan jalan, fasilitas pengujian di permukiman, fasilitas pengujian kendaraan, dan sebagainya.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023