Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik Jisman P Hutajulu sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Jisman menjabat sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Dalam sambutannya, Arifin meminta kepada Jisman untuk menyelesaikan tugas yang menanti, di antaranya penyediaan listrik untuk Ibu Kota Negara (IKN) kemudian meningkatkan rasio elektrifikasi dan desa berlistrik.

"Tugas lainnya adalah meningkatkan pasokan listrik 24 jam, pelaksanaan subsidi listrik yang tepat sasaran, tarif listrik yang kompetitif, meningkatkan konsumsi listrik per kapita serta melaksanakan transisi energi," kata Arifin dikutip dari laman Kementerian ESDM pada Jumat.

Selain itu, Arifin juga menekankan untuk terus meningkatkan penyediaan ketenagalistrikan kepada masyarakat di seluruh pelosok tanah air dengan mutu pelayanan yang baik, handal, berkelanjutan terjangkau, adil, dan merata.

Ia juga berpesan kepada Jisman untuk selalu menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan serta membatasi pergaulan secara profesional dan mengontrol dokumen administrasi persuratan dengan baik.

"Jangan lambat untuk merespons dan selalu mendukung pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan selalu membuka diri ke seluruh pegawai dan 'stakeholder', ucap Arifin.

Jisman menggantikan posisi Rida Mulyana yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM. Sejak saat itu, posisi Dirjen Ketenagalistrikan sempat diisi oleh pelaksana tugas (Plt), yakni Dadan Kusdiana.

Adapun, Dadan saat ini menjabat sebagai Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM.

Dikutip dari laman Kementerian ESDM, Jisman lahir di Tapanuli pada 18 Januari 1967. Ia mengawali kariernya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) pada 1993. Pada 2000, Jisman menjabat Pj. Kasie Analisis Harga Listrik Distribusi. Setahun setelahnya, ia menjadi Kasie Harga Jual Tenaga Listrik.

Kemudian pada 2018, Jisman menjadi Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan. Berikutnya pada 2022, ia berpindah menjadi Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan. Jisman juga aktif terlibat dalam Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Ketenagalistrikan dan menjadi Kepala PPNS sejak 2014 hingga sekarang.

Baca juga: Pemerintah daerah diminta segera susun rencana umum ketenagalistrikan
Baca juga: PLN rampungkan 27 proyek strategis nasional di Jawa Bagian Barat
Baca juga: Kementerian ESDM ungkap tantangan realisasi TKDN di ketenagalistrikan

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023