Jakarta (ANTARA) - Mandiri Tunas Finance (MTF), perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor yang merupakan anak usaha Bank Mandiri, memperkenalkan layanan digitalisasi MTF Digital Service yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pengambilan BPKB secara mandiri melalui vending machine document.

Deputi Direktur MTF Perana Citra Ketaren mengatakan layanan digitalisasi ini dihadirkan sebagai bentuk komitmen MTF untuk memberikan pelayanan terbaik dan memenuhi kepuasan kepada pelanggan. MTF akan melakukan grand launching layanan ini pada 20 Februari 2023 dan sejak tanggal tersebut pelanggan bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan di MTF Digital Service.

"MTF memang salah satu pemain besar di Indonesia tidak terlepas harus go digital dengan persaingan dan industri semakin meningkat pesat, dan demand dari customer kami juga meningkat pesat," kata Citra saat konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Selama ini, menurut Citra, pelanggan harus datang secara tatap muka untuk bisa mendapat pelayanan MTF di kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Mengingat keterbatasan tersebut, kini MTF pun menyediakan solusi digital untuk memudahkan pelanggan sehingga layanan dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

Proses booking dan pengambilan BPKB dapat dilakukan melalui aplikasi MTF Mobile. Kemudian, QR code akan dikirimkan kepada pelanggan melalui WhatsApp ataupun surel. Di tempat yang telah ditentukan yang tersedia vending machine, pelanggan hanya perlu melakukan scan QR code untuk mengambil BPKB.

Baca juga: Laba MTF 2022 naik 205 persen dari periode 2021

"Customer hanya perlu menunjukkan QR-nya dari vending machine yang memang sudah disiapkan secara prima, secara security dan sifat keamanannya juga tentunya sesuai dengan standar," kata Citra.

Untuk saat ini, vending machine akan mulai tersedia di cabang-cabang MTF di Jakarta. Secara bertahap hingga akhir tahun ini, vending machine BPKB tersebut akan tersedia di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain booking dan pengambilan BPKB, aplikasi MTF Mobile juga memungkinkan pelanggan untuk mengakses berbagai layanan lainnya secara mudah antara lain pembayaran, pelunasan dipercepat, klaim asuransi, serta detail informasi kontrak dan polis.

"Banyak sekali customer kami menanyakan angsuran saya tanggal berapa, sudah angsuran ke berapa, saya bisa melunasi kapan ambil BPKB, lalu mau klaim asuransi itu harus bagaimana. Itu semuanya sudah terjawab (di aplikasi). Bahkan ke customer care-nya pun, dia langsung ter-connect secara otomatis dari Digital Service yang sudah kita siapkan secara mobile," kata Citra.

Dia juga memastikan bahwa layanan digitalisasi yang dihadirkan MTF, termasuk layanan vending machine dan mobile, telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat dan sesuai dengan standar sehingga pelanggan tak perlu merasa khawatir.

"Dari sisi security juga kita sudah siapkan. Ini dalam proses kita akan go ISO juga untuk yang 27001. Jadi, untuk security level kita akan disempurnakan dengan ISO," kata Citra.

Baca juga: Implementasikan digital di semua lini, MTF raih dua penghargaan

Baca juga: Rayakan HUT RI, MTF tawarkan pembiayaan mobil baru bunga 0 persen

Baca juga: MTF Raih Top GRC Award 2022


 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023