Sistem open banking yang terdapat di dalam ekosistem open finance dapat menciptakan peluang bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
Jakarta (ANTARA) - Platform pembayaran digital Ayoconnect mengumumkan kemitraan dengan Mastercard untuk modernisasi pembayaran berbasis rekening bank dan menciptakan solusi open finance di Indonesia.

CEO dan pendiri Ayoconnect Jakob Rost dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, mengatakan kunci untuk mempercepat ekosistem pembayaran Indonesia adalah kolaborasi antara semua sektor, industri, dan pemangku kepentingan. Dia menilai sistem open banking yang terdapat di dalam ekosistem open finance dapat menciptakan peluang bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Kemitraan ini akan memanfaatkan konektivitas Ayoconnect ke API open banking dari bank-bank terbesar di Indonesia dan kapabilitas keamanan milik Mastercard, termasuk tokenisasi, kecerdasan dunia maya, dan teknologi anti-penipuan.

"Mendapatkan kepercayaan dari Mastercard adalah wujud komitmen kami dalam membangun lapisan infrastruktur yang memungkinkan interoperabilitas ekosistem open finance untuk memberikan pengalaman pembayaran digital yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih aman," kata Rost.

Solusi baru yang sedang dikembangkan oleh kedua perusahaan ini akan menawarkan konsumen pengalaman pembayaran yang mulus, sederhana dan aman saat berbelanja. Pembayaran akan didebit langsung dari rekening bank pilihan konsumen.

Rost menilai kolaborasi dalam ekosistem API seperti ini dapat mendorong inovasi dan mekanisme berbagi data yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ayoconnect dan Mastercard juga menjamin perlindungan pelanggan dan kemampuan penyelesaian masalah yang lebih baik dalam solusi yang mereka sediakan.

Baca juga: Mastercard gandeng Ayoconnect dorong inklusi keuangan

Solusi dari Ayoconnect dan Mastercard juga memiliki kemampuan biller untuk menghilangkan berbagai kendala pembayaran yang mungkin kembali terjadi, mengurangi kegagalan selama checkout belanja dan memastikan penagihan tepat waktu dengan menawarkan metode pembayaran yang lebih baik kepada konsumen.

Selain solusi pembayaran, Ayoconnect dan Mastercard juga akan berkolaborasi dalam membangun solusi open finance yang dapat menghasilkan keputusan kredit yang lebih baik dan mendorong inklusi keuangan.

Solusi itu menggabungkan kapabilitas Open Banking dan Data, Services Mastercard serta konektivitas Ayoconnect  dengan berbagai lembaga keuangan dan
wawasan dari data ekosistem pembayaran untuk memperkuat layanan.

Presiden Direktur PT Mastercard Indonesia Navin Jain mengatakan kebutuhan konsumen di era digital saat ini berkembang dengan cepat, kemitraan itu dapat mendukung adanya pengalaman pembayaran yang lebih baik dalam mengakses layanan yang dibutuhkan.

"Kemitraan strategis dengan Ayoconnect ini memungkinkan Mastercard memberikan nilai lebih bagi para pemangku kepentingan di ekosistem ini, dan menjadi yang terdepan dalam inovasi dengan menghadirkan solusi ke pasar secara lebih cepat," kata Jain.

Riset Statista, dikutip dari siaran pers itu, memperkirakan jumlah pengguna pembayaran digital di Indonesia akan terus tumbuh,  e-commerce dan pembayaran bergerak (mobile payment) meningkat masing-masing lebih dari 45 persen dan 18 persen dari tahun 2022 hingga 2027.

Baca juga: BRI jalin kerja sama dengan Ayoconnect olah "open banking"
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023