Jakarta (ANTARA) - Ford Motor Co pada awal pekan ini memangkas harga SUV crossover listriknya Mustang Mach-E sebesar 5.900 dolar AS per unit, setelah saingannya Tesla Inc menurunkan harga kendaraan listrik secara global sebesar 20 persen beberapa minggu lalu.

Saham Ford ditutup turun 2,9 persen dalam perdagangan di atas rata-rata menjadi 12,89 dolar AS, sedangkan Tesla turun 6,3 persen, menurut Reuters dalam laporannya.

Pemotongan harga yang dilakukan Tesla dirasa menjadi tekanan bagi produsen kendaraan listrik pesaingnya.

"Ford baru saja memotong harga Mustang EV sebagai reaksi atas pemotongan harga Tesla. Perang harga akan dimulai dengan EV di AS, berawal dari langkah Tesla," kata Dan Ives, seorang analis di Wedbush Securities.

Baca juga: Ford pangkas lebih dari 1000 pekerja di Eropa

Langkah ini akan membuat setidaknya satu versi tambahan dari Mach-E kembali memenuhi syarat untuk kredit pajak federal 7.500 dolar AS, yang mengharuskan Ford EV memiliki harga eceran yang disarankan tidak lebih dari 55.000 dolar AS.

Dan kabar baiknya lagi, seperti dilaporkan Reuters pada Selasa, pembeli Mustang Mach-E yang sedang menunggu pengiriman kendaraan akan secara otomatis menerima potongan harga tersebut.

Ford telah merencanakan untuk meningkatkan produksi Mach-E tahun ini di pabriknya di Meksiko menjadi 130.000 unit dari 78.000 pada tahun 2022.

Sementara untuk November, Ford tengah mempercepat produksi Mustang Mach-E dan menargetkan tingkat produksi tahunan global sebesar 270.000 unit pada akhir tahun 2023 termasuk produksi China.

Baca juga: Ford tarik hampir setengah juta kendaraan karena cacat kamera

Baca juga: Ford tarik 1.200 Mustang Mach-E karena masalah poros penggerak roda

Baca juga: Ford tunda investasi produksi mobil konvensional di Spanyol

 
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023