New York (ANTARA) - Indeks-indeks utama Wall Street beragam pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), dengan Dow jatuh lebih dari satu persen karena laba yang lemah dari Goldman Sachs menyeret indeks lebih rendah, tetapi lonjakan saham Tesla membantu Nasdaq tetap positif ketika musim laporan keuangan perusahaan menjadi pusat perhatian.

Indeks Dow Jones Industrial Average tergelincir 391,76 poin atau 1,14 persen, menjadi menetap di 33.910,85 poin. Indeks S&P 500 merosot 8,12 poin atau 0,20 persen, menjadi berakhir di 3.990,97 poin. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 15,96 poin atau 0,14 persen, menjadi ditutup pada 11.095,11 poin.

Enam dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan sektor material dan jasa komunikasi masing-masing tergelincir 1,07 persen dan 0,92 persen, memimpin kerugian. Sektor teknologi menguat 0,44 persen, menjadi kelompok berkinerja terbaik.

Dow menghentikan kenaikan beruntun empat sesi, sementara Nasdaq membukukan kenaikan ketujuh berturut-turut, rekor terpanjang sejak November 2021.

Pasar AS ditutup pada Senin (16/1/2023) untuk memperingati Hari Martin Luther King Jr.

Kenaikan saham Tesla Inc setelah penjualan ritel Januari pembuat kendaraan listrik itu melonjak di China membantu saham yang berorientasi pada pertumbuhan menambah keuntungan, tetapi kapitalisasi kecil dan nilai saham turun karena kekhawatiran resesi meresahkan investor.

Laba dari Goldman Sachs dan Morgan Stanley menutup apa yang merupakan tas bervariasi untuk bank-bank besar, banyak di antaranya telah menyimpan rainy-day funds ( jumlah uang yang dicadangkan untuk digunakan pada saat pendapatan reguler terganggu) bersiap menghadapi potensi penurunan.

Para analis sangat ingin mendengar dari perusahaan-perusahaan Amerika tentang lingkungan permintaan di tengah tanda-tanda tren kenaikan ekonomi, kata Anthony Saglimbene, kepala strategi pasar di Ameriprise Financial di Troy, Michigan.

"Estimasi laba telah menurun begitu banyak pada awal musim laporan keuangan sehingga ada potensi bagi perusahaan-perusahaan untuk melewati batas yang sangat rendah," kata Saglimbene.

"Jika lingkungan permintaan masih relatif sehat, itu akan melebihi ekspektasi karena menurut saya para analis menurunkan laba begitu banyak."

Goldman Sachs Group Inc merosot 6,44 persen setelah bank melaporkan penurunan laba kuartalan yang lebih besar dari perkiraan dan merupakan hambatan terbesar pada indeks harga tertimbang. Nilai sebuah saham sebanding dengan kontribusinya terhadap indeks, berbeda dengan S&P 500 yang berbobot kapitalisasi pasar.

Goldman Sachs membukukan penurunan persentase satu hari terbesar sejak setahun lalu pada Januari.

Juga membebani indeks saham unggulan Dow adalah perusahaan asuransi Travelers Cos Inc, yang jatuh 4,60 persen setelah memperkirakan laba kuartal keempat di bawah perkiraan.

Tetapi lonjakan Tesla sebesar 7,43 persen membantu mempertahankan Nasdaq setelah pemotongan harga baru-baru ini yang dilakukan perusahaan pada model terlarisnya, menurut data dari China Merchants Bank International. Tesla adalah pencetak keuntungan persentase terbesar di S&P 500 dan Nasdaq 100.

Morgan Stanley terangkat 5,91 persen setelah mengalahkan perkiraan para analis untuk laba kuartal keempat, karena bisnis perdagangannya mendapat dorongan dari volatilitas pasar.

Para analis memperkirakan laba tahun-ke-tahun dari perusahaan S&P 500 turun 2,4 persen untuk kuartal tersebut, menurut data Refinitiv, dibandingkan dengan penurunan 1,6 persen pada awal tahun.

Data menunjukkan manufaktur negara bagian New York berkontraksi tajam pada Januari karena pesanan jatuh dan pertumbuhan lapangan kerja terhenti, menunjukkan berlanjutnya pelemahan dalam aktivitas pabrik nasional, yang memicu kekhawatiran resesi.

Pasar ekuitas telah membukukan awal yang kuat untuk tahun ini setelah tahun 2022 yang suram, di tengah harapan meredanya inflasi dan perlambatan terutama di pasar tenaga kerja akan memungkinkan Federal Reserve untuk memangkas ukuran kenaikan suku bunga yang digunakannya untuk memerangi harga tinggi.

Pelaku pasar uang saat ini memperkirakan kenaikan suku bunga 25 basis poin dari bank sentral AS pada 1 Februari dan memperkirakan suku bunga memuncak pada 4,9 persen pada Juni dan kemudian turun. The Fed memproyeksikan suku bunga akan lebih dari 5,0 persen di tahun depan.

Saham-saham perusahaan China yang tercatat di AS menurun, dengan JD.Com Inc jatuh 5,72 persen dan Baidu Inc turun 6,02 persen setelah pertumbuhan ekonomi China pada 2022 merosot ke salah satu level terburuknya dalam hampir setengah abad.


Baca juga: Wall St ditutup menguat didukung data sentimen konsumen, laba emiten
Baca juga: IHSG dibuka meningkat ikuti kenaikan indeks utama Wall Street
Baca juga: Wall Street ditutup naik karena data inflasi dalam tren menurun

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023