Jakarta (ANTARA) - Produsen semikonduktor TSMC mulai memproduksi chip 3 nanometer yang dikabarkan akan digunakan Apple untuk seri iPhone 15 tahun ini.

Laman Cnet dan MacRumors pada Jumat (30/12) mengabarkan TSMC menjadi pemasok Apple untuk chip, namun, Apple yang merancang sendiri prosesor mereka.

Chip yang menggunakan teknologi 3 nanometer menggunakan daya lebih sedikit 30 sampai 35 persen dibandingkan chip 5 nanometer, tapi performa ponsel secara keseluruhan akan lebih baik. Jika menggunakan chip itu, maka iPhone 15 akan lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Cara hemat penyimpanan iPhone tanpa hapus foto

Baca juga: Apple tunda rilis iPhone SE 4 hingga 2024


iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menggunakan chip A16 Bionic yang dibangun berbasis teknologi 4 nanometer. Sementara untuk versi iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, keduanya menggunakan chip A15 Bionic.

Chip 3 nanometer itu diperkirakan akan digunakan untuk model yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Apple belum memberikan komentar soal chip 3 nanometer buatan TSMC.

TSMC memproduksi chip 3 nanometer di pabrik di Taiwan. Pada masa mendatang, mereka akan membuat chip di pabrik di Arizona, Amerika Serikat, yang akan mulai memproduksi chip 4 nanometer ketika dibuka pada 2024.

Chip 3 nanometer diperkirakan akan mulai diproduksi di AS pada 2026.

Sementara untuk iPhone, seri terbaru yang akan diluncurkan pada September tahun ini diperkirakan akan menggunakan port USB-C, mengikuti regulasi terbaru di Uni Eropa.

Baca juga: Ciri-ciri baterai iPhone bermasalah dan perlu diganti

Baca juga: Apple bakal rombak desain untuk iPhone 15

Baca juga: Kaleidoskop - Deretan ponsel kelas atas yang meluncur di 2022

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023