Purwakarta, Jawa Barat (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan yang akan difungsikan secara situasional pada arus balik libur Natal dan Tahun Baru hanya boleh dilintasi kendaraan golongan I seperti sedan dan kendaraan kecil nonbus lainnya.

Direktur Utama PT Jasa Marga Japek Selatan Charles Lendra di Gerbang Tol Kutanegara Tol Japek II Selatan, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat mengatakan jalur tol ini memang diprioritaskan untuk mengantisipasi arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dengan demikian, bagi kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta maka jalur alternatifnya dengan bisa menggunakan Jalan Tol Japek II Selatan dari Sadang Km 77 sampai dengan Gerbang Tol Kutanegara.

Dalam kesempatan sama, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan bahwa Tol Japek II Selatan ini akan difungsikan apabila terjadi lonjakan kepadatan lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta saat arus balik Nataru.

"Apabila kita melihat misalkan di titik Dawuan dan Kalihurip ada kepadatan, nanti mungkin Jasa Marga akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk bisa direkomendasikan Tol Japek II Selatan dibuka dan kendaraan golongan I non-bus," kata Lisye.

Sebelumnya, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan pengguna jalan tol nantinya bakal masuk di Km 76, Sadang, Tol Cipularang, lalu keluar setelah melewati Jakarta-Cikampek II Selatan di Kutanegara dan masuk ke arteri serta menuju kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 47, Karawang Barat.

Jasa Marga memperkirakan puncak arus balik Natal diprediksikan pada Minggu (25/12/2022) dan puncak arus balik Tahun Baru pada Minggu (1/1/2023).

Baca juga: Jasa Marga imbau pengguna pastikan saldo kartu tol cukup
Baca juga: Jasa Marga akan operasikan secara fungsional Tol Japek II Selatan
Baca juga: Jasa Marga prediksi puncak arus mudik Natal pada 23 Desember

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022