Jakarta (ANTARA) - Volkswagen akan menginvestasikan 460 juta euro (Rp7,5 triliun) pada awal 2025 di pabrik Wolfsburg, dengan sebagian besar dana akan digunakan untuk produksi model ID.3 elektrik, kata kepala merek Thomas Schaefer.

Setelah produksi penuh mobil kompak berlangsung, yang diharapkan pada tahun 2025, model full-electric tambahan di segmen SUV akan diproduksi di Wolfsburg dengan platform MEB, platform khusus listrik yang digunakan sejak 2019.

Kit penggerak listrik, yang menggabungkan struktur dan desain kendaraan, sekarang sedang diadaptasi menjadi versi baru, yang akan disebut MEB+ dan akan memungkinkan waktu pengisian yang lebih cepat dan jarak yang lebih jauh, kata pembuat mobil tersebut.

Memperbaiki lokasi produksi di Wolfsburg, yang mempekerjakan sekitar 60.000 pekerja yang memproduksi model termasuk Golf, Tiguan dan Touran, untuk membuat kendaraan listrik telah menjadi agenda utama dewan pekerja di tengah kekhawatiran pabrik tersebut dapat kehilangan relevansinya dalam peralihan ke mobilitas listrik.

Baca juga: VW rayakan 500 ribu pengiriman model ID ke seluruh dunia

Output dari pabrik andalan telah menurun sejak 2015 ketika memproduksi sekitar 800.000 kendaraan, turun drastis sejak dimulainya pandemi virus corona menjadi di bawah 400.000 per tahun.

Schaefer mengatakan bahwa pembuat mobil masih menghadapi "kekacauan" di sisi pasokan karena pemasok membatalkan pesanan besar dengan pemberitahuan satu malam.

Pembuat mobil akan memutuskan pada Februari apakah akan memproduksi sedan listrik Trinity baru di pabrik utama Wolfsburg atau membangun pabrik baru untuk model terdekat.

Model SUV baru akan dibangun di atas armada listrik pembuat mobil yang sudah ada, kata Schaefer pada hari Rabu.

"Ini adalah segmen kendaraan terbesar di dunia, di mana Tiguan tercinta kami juga berada. Model baru ini akan menambah model ID.4 dan ID.5 terlaris kami dan memperluas posisi pasar kami," katanya.

Garis waktu untuk produksi ID.3 berjalan sesuai rencana, dengan produksi sebagian dari tahun 2023 dan produksi penuh diharapkan pada tahun 2024. Demikian disiarkan Reuters, Rabu (7/12).

Baca juga: Volkswagen lanjutkan produksi di pabrik China

Baca juga: SAIC Volkswagen hentikan produksi mobil transmisi manual mulai 2023

Baca juga: VW tarik kembali lima unit VW Golf R 2016 karena masalah wiper
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022