Jakarta (ANTARA) - Memasuki musim hujan, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk merawat mobil agar tetap awet, salah satunya adalah dengan melakukan perawatan pada bagian eksterior, terutama cat mobil.

Perlu diketahui, cat mobil yang terus-menerus terkena air hujan akan berpengaruh pada keawetan cat dan bodi mobil.

Untuk menghindari adanya kerusakan sekaligus menjaga cat mobil tetap awet, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menganjurkan para pemilik mobil untuk melakukan tambahan perawatan yaitu coating cat mobil.

Baca juga: Tips agar mobil tetap prima usai tempuh perjalanan jauh saat mudik

Asst. to Service Dept. Head PT SIS Hariadi mengatakan untuk menghadapi musim hujan, pengendara harus ekstra hati-hati dan lebih memperhatikan kondisi dan tampilan kendaraannya.

"Salah satunya adalah dengan melakukan coating cat mobil agar tampilan eksterior kendaraan tetap terjaga, awet, dan tidak pudar. Coating cat mobil dapat Anda lakukan di penyedia jasa layanan coating cat mobil terdekat,” ujar Hariadi dalam rilis pers, Rabu.

Coating cat mobil dilakukan dengan menutup pori dan menambahkan lapisan pada cat mobil. Lapisan yang digunakan merupakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya.

Coating mobil memiliki banyak sekali manfaat, seperti menghindari timbulnya waterspot atau biasa disebut jamur yang disebabkan oleh air hujan yang meresap ke dalam pori cat mobil.

Apabila coating cat mobil dilakukan, air hujan yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun dan tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga pada permukaannya tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan.

Baca juga: Jaga interior mobil berbahan kulit dengan gel berformula 3in1

Coating cat juga melindungi munculnya goresan halus pada bodi mobil saat musim hujan. Goresan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, misalnya seperti cipratan air hujan dari kendaraan lain yang seringkali bercampur dengan debu maupun kotoran berpartikel kecil yang dapat menempel pada bodi mobil dan jika bergesekan bisa berpotensi menimbulkan goresan halus.

Selain itu, terkadang hujan deras dapat mengakibatkan ranting pohon terjatuh dan mengenai bodi mobil yang sedang berjalan maupun terparkir sehingga memberikan bekas goresan pada bodi mobil. Dengan memberikan perindungan menggunakan coating cat mobil, maka goresan-goresan halus tersebut dapat dihindari terlebih dahulu.

Melakukan coating cat mobil juga menjadi salah satu metode perawatan yang bermanfaat untuk menjaga cat mobil tetap awet. Penambahan lapisan khusus di permukaan cat mobil akan meresap ke dalam pori-pori cat mobil dan membentuk lapisan tipis yang akan menutup seluruh permukaan cat mobil.

Proses inilah yang membuat cat mobil menjadi lebih awet dan tidak cepat memudar. Hal ini dapat menjadi solusi agar warna cat asli pada mobil tidak kusam dan dapat mempertahankan warna aslinya.

Baca juga: Dokter Mobil hadirkan layanan perawatan bodi kendaraan

Setelah melakukan coating pada cat mobil, pemilik mobil juga disarankan untuk tetap melakukan perawatan mandiri lainnya untuk menjaga cat mobil tetap awet.

Usahakan untuk melakukan pencucian mobil apabila telah terkena air hujan. Jika tidak terkena air hujan, pengendara juga sebaiknya tetap melakukan pencucian mobil secara rutin untuk menghindari adanya kotoran yang menempel.

Perhatikan pula jenis cairan pembersih yang digunakan. Pastikan pengendara menggunakan shampo khusus mobil yang dibuat dengan bahan khusus untuk cat mobil.

Untuk mengeringkan eksterior yang basah, gunakan lap dari bahan microfiber yang memiliki permukaan lembut dan daya serap tinggi. Perhatikan pula air yang digunakan untuk mencuci mobil. Hindari menggunakan air yang memiliki kadar besi yang tinggi karena akan merusak lapisan coating cat mobil.

Baca juga: Mothers Indonesia beri diskon produk perawatan mobil selama GIIAS

Baca juga: PorscheVille tawarkan diskusi teknis dan perawatan Porsche klasik
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022