Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Lubricants (PTPL) sebagai anak usaha Subholding Commercial & Trading Pertamina resmi meluncurkan produk terbaru mereka yakni "Pertamina Spreeze" sebagai pelumas anti karat serbaguna.

"Kami ingin terus menghadirkan solusi pelumasan yang lengkap baik untuk segmen industri maupun ritel. Kami yakin Pertamina Spreeze dapat menjangkau pasar yang luas dengan segala kebutuhan. Dengan produk berkualitas ini, kami percaya konsumen akan merasakan manfaatnya di kehidupan dan pekerjaan sehari-hari," kata Direktur Sales & Marketing PTPL Sari Rachmi di Jakarta, Rabu.

Pertamina Spreeze merupakan hasil riset dan pengembangan produk antara PTPL dan Research & Technology Innovation (RTI) PT Pertamina (Persero) yang dilakukan sejak 2019.

Produk ini diklaim memiliki enam keunggulan yang dapat langsung dirasakan oleh para pengguna produknya, seperti membersihkan (Clean), penetrasi (Penetrates), melumasi (Lubricates), menghilangkan kelembaban (Displace Moisture), melindungi (Protects) dan meningkatkan ketahanan (Improves).

Adapun fungsi Clean dapat membersihkan kotoran minyak dan grease pada logam. Sementara Penetrates membantu penetrasi bagian berkarat pada logam, yang berguna dalam membuka baut/mur atau bunyi derit pada pintu.

Untuk fungsi Lubricates, Pertamina Spreeze dikatakan dapat melumasi komponen bergerak sehingga menurunkan gesekan secara drastis. Selain itu Pertamina Spreeze juga mampu memberikan berbagai fungsi perlindungan, yaitu Displace Moisture, dimana dapat melindungi dari kelembaban atau uap air.

Produk ini juga dikatakan oleh dia memiliki fungsi Protects yang akan mencegah korosi dan oksidasi atau fungsi, serta fungsi Improves yang akan mengurangi gesekan dan keausan.

"Keenam fungsi serba guna tersebut dapat dinikmati tidak hanya untuk penggunaan industri, namun juga untuk kebutuhan rumah tangga," terang dia.

Produk ini, dalam uji cobanya memiliki catatan yang positif yang memiliki keunggulan dibanding produk sejenis di pasar dengan keunggulan penetrasi yang lebih baik, Chlorofluorocarbon (CFC) Free, dan chlorinated solvent free, sehingga aman dan tidak merusak ozon.

SVP Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero) Oki Muraza menjelaskan bahwa Produk ini juga Low BTX (Benzene, Toluene dan Xylene) Aromatic yakni memiliki kadar BTX yang sangat rendah sehingga tidak karsinogenik atau mengandung zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

"Sejak 2019, Pertamina Spreeze telah melewati tahapan uji coba, mulai dari uji coba laboratorium, uji coba lapangan sampai uji coba secara komersial. Teknologi yang terkandung pada produk ini juga telah mendapatkan sertifikat hak paten," jelas dia.

Pertamina Spreeze hadir dengan kemasan botol 250ml dan 400ml yang dapat diperoleh dengan harga ritel Rp48.900 (250ml) dan Rp66.600 (400ml).


Baca juga: Pertamina Lubricants soal adaptasi pelumas kendaraan listrik

Baca juga: Mengintip kesibukan pabrik produksi Pertamina Lubricants di Jakarta

Baca juga: Pertamina Lubricants optimalkan penjualan di pasar domestik
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022