Jakarta (ANTARA) - Kemajuan sektor digital membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah, misalnya di sektor otomotif kini bisa melakukan pembelian hingga memesan layanan servis secara komplet hanya melalui ponsel di genggaman tangan.

Auto2000 sebagai jaringan penjualan kendaraan bermerek Toyota yang melayani jutaan konsumen dari ratusan gerai di Indonesia juga berhasil mengoptimalkan perkembangan dunia digital dengan mentransformasikan layanan daring melalui Auto2000 Digiroom, sehingga mampu memberikan kenyamanan, kemudahan dan kepuasan kepada konsumen.

Baca juga: Daftar harga & simulasi kredit Toyota Kijang Innova Zenix dan hybrid

Auto2000 Digiroom bukan sekadar website, melainkan menjelma e-commerce yang mendobrak layanan luring menjadi lebih mudah melalui daring untuk melayani penjualan, booking servis, hingga pemesanan suku cadang Toyota.

Dengan semangat "Auto2000 Pilihan Terbaik AutoFamily, Memberikan Kenyamanan Pelayanan Kepada Pelanggan”, jaringan penjualan Toyota yang mulai beroperasi sejak 1975 itu kini juga melayani purna jual, termasuk aksesoris, trade-in hingga pembelian mobil bekas hanya menggunakan sentuhan jempol Anda di layanan Auto2000 Digiroom.

Dilansir dari laman resmi perusahaan pada Kamis, Auto2000 Digiroom menyediakan seluruh layanan otomotif Toyota secara komprehensif dalam satu platform, meliputi pembelian mobil baru, mobil bekas bersertifikat, promo terbaru, ragam layanan purna jual, hingga Tasia (Virtual Assistant Auto2000).

Adapun kemudahan yang diberikan jika melalukan pesan mobil Toyota secara online melalui diler Auto2000 Digiroom antara lain mendapat simulasi cicilan untuk mengatur pembelian dan opsi pembayaran, pesan online ekspres dengan unggah dokumen dan tanda tangan secara online setelah melakukan pemesanan, kemudian konsumen bisa mendapatkan konfirmasi dalam waktu 1 jam.

Layanan itu tidak hanya untuk mobil baru Toyota saja, melainkan termasuk mobil bekas dengan fitur lacak pesanan dengan memasukkan nomor SPK/nomor PKB/nomor booking servis Anda.

Auto2000 juga memberikan daftar "Telusuri lebih dalam mobil yang sedang trending" bagi Anda yang belum menentukan mobil yang akan dipinang.

Baca juga: Auto2000 gunakan "Renewable Energy" bersertifikat PLN

Perawatan Kendaraan (Aftersales)
 
Mekanik Auto2000 melakukan rotasi ban mobil (ANTARA/HO)



Sebagai jaringan penjualan dan purna jual terbesar di Indonesia, Auto2000 memiliki layanan aftersales lengkap meliputi general repair (GR) yang menawarkan jasa servis berkala maupun pekerjaan perbaikan umum berkaitan dengan mesin, sasis/kerangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh tipe/ model Toyota.

Auto2000 memiliki fasilitas Express Maintenance (EM), layanan servis berkala dengan waktu pengerjaan yang lebih singkat. Bila biasanya pengerjaan reguler membutuhkan waktu 2-4 jam, fasilitas EM pengerjaan servis berkala bisa ditangani dalam waktu 1 jam.

Layanan itu bisa berlangsung singkat karena mobil Anda akan "dikeroyok" oleh lebih dari satu orang mekanik. Syarat mendapatkan layanan ini adalah Anda harus melakukan booking servis terlebih dahulu, minimal 1 hari sebelum servis.

Baca juga: Dampak jangka panjang jika abaikan mobil yang sempat terkena banjir

Mekanik Auto2000 juga bisa menyambangi kediaman Anda melalui layanan THS - Auto2000 Home Service. Auto2000 Home Service adalah Bengkel bergerak untuk layanan purna jual Toyota (e-hailing workshop) yang dapat melakukan perawatan kendaraan di tempat pelanggan. Layanan THS dapat dipesan melalui 1-500-898 dan aplikasi Auto2000 Mobile dengan mengisi data diri, jenis layanan, lokasi dan waktu.

Auto2000 juga memiliki layanan Bodi & Cat mulai dari kerusakan ringan, kerusakan sedang, hingga kerusakan parah. Untuk kepuasan konsumen, Auto2000 Bodi & Cat juga menyediakan layanan super cepat yaitu Express Bodi & Cat yang hanya membutuhkan 8 jam untuk perbaikan atau One Day Service.

Tasia (Virtual Assistant Auto2000)
 
Konsumen menggunakan platform digital untuk melihat layanan Auto2000. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.


Digitalisasi telah mempermudah konsumen yang memerlukan layanan namun terlalu sibuk untuk mengunjungi diler Auto2000. Untuk itu, perusahaan menghadirkan teknologi Tasia (Virtual Assistant Auto2000) sebagai solusi layanan pelanggan "zaman now".

Tasia melengkapi aplikasi Auto2000 Mobile di mana pelanggan dapat mengakses layanan yang disajikan Auto2000 secara lebih mudah dan nyaman tanpa batasan ruang dan waktu.

Tasia memanfaatkan teknologi chatbot digital yang memiliki kemampuan percakapan natural di dalam aplikasi pesan singkat atas bantuan artificial intelligent (AI).

Tasia memiliki kecakapan penting, misalnya fast response sehingga chatbot dapat dengan gesit membalas pesan dari pelanggan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan. Tasia dapat diakses 24 jam penuh karena tidak membutuhkan operator untuk menjalankan, sehingga pelanggan yang sibuk tetap bisa mendapat layanan.

Baca juga: Tips mudah rotasi ban mobil

Hal paling menarik dari Tasia adalah kinerja AI yang mampu mengolah percakapan dengan tata bahasa Indonesia yang luwes, di mana pelanggan mendapatkan pengalaman interaksi yang alami, meliputi info katalog, harga mobil, hingga pencarian tipe kendaraan yang cocok untuk konsumen.

Selain untuk pembelian, Tasia juga melayani pemesanan servis berkala atau perbaikan kendaraan Toyota, baik untuk dikerjakan di bengkel resmi Auto2000 atau mengorder layanan THS – Auto2000 Home Service.

Ada juga fitur tracking status servis, info kredit untuk informasi persyaratan kredit dan perhitungan simulasi kredit, FAQ, informasi lokasi cabang/bengkel resmi Auto2000 terdekat, serta informasi lain seputar produk dan servis Auto2000.

Untuk menggunakannya, konsumen hanya perlu mengajak ngobrol Tasia dengan menulis “mau servis dong” atau “saya mau beli (tulis model Toyota yang diinginkan)”, setelah itu ikuti petunjuk yang diberikan oleh Tasia.

Baca juga: Auto2000 X Iwan Tirta hadirkan sentuhan batik di Innova & New Alphard

Baca juga: Bolehkah mengganti ban mobil berbeda-beda merek?

Baca juga: Apa yang harus dilakukan saat mobil salah isi bahan bakar?
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022