Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif Suzuki mengajak masyarakat dan konsumen setianya untuk berkendara dengan teknik eco-driving, berkendara dengan lebih ramah lingkungan.

Penerapan cara mengemudi yang baik dan benar dengan menggunakan teknik eco-driving ini diharapkan membuat pengemudi bisa ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan merasakan efisiensi yang lebih optimal.

Baca juga: Mau "eco driving"? ini caranya

"Teknik eco-driving memiliki banyak sekali manfaatnya misalnya seperti dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar kendaraan dengan efektif dan efisien serta mengurangi potensi pencemaran lingkungan," kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Donny Saputra, dalam keterangan pers, Selasa.

Dalam sesi berbagi mengenai eco-driving, Suzuki turut menghadirkan pihak diler perwakilan dari PT Sejahtera Buana Trada, perwakilan dari PT Suzuki Indomobil Sales, dan tiga instruktur bersertifikasi yang memberikan materi hingga pendampingan saat melakukan uji coba kendaraan.

Sebagai penerapan dari ilmu eco-driving secara langsung, seluruh peserta diajak untuk mengikuti sesi test drive menggunakan All New Ertiga Hybrid yang telah disediakan oleh Suzuki. Adapun rute yang digunakan adalah berkeliling kawasan BSD City dengan jarak 8.6 km dengan kondisi lalu lintas yang padat hingga lenggang sebagai simulasi kondisi berkendara sehari-hari para peserta.

Dengan menerapkan teknik eco-driving, para pengendara dapat mengoptimalkan efisiensi kendaraan pribadinya; seperti memberikan dampak kehematan, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi dan fitur yang dapat menambah efisiensi konsumsi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang.

Baca juga: Tips menjadi pengemudi "pintar"

Tidak hanya itu, Suzuki juga memberikan tips untuk memiliki kebiasaan yang baik dalam berkendara. Misalnya dengan memilih kendaraan yang nilai ekonomis yang baik seperti All New Ertiga Hybrid, melakukan perawatan kendaraan secara rutin dan sesuai panduan.

Lebih lanjut, memilih barang bawaan yang diperlukan agar tidak berlebihan, membiasakan diri melakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum bepergian dan menggunakan bahan bakar yang sesuai spesifikasi kebutuhan mesin kendaraan.

"Kami sangat senang jika semakin banyak pelanggan yang bisa bersama-sama menerapkan cara berkendara sesuai eco-driving ini, karena dengan begitu Suzuki bersama para pelanggan turut berkontribusi untuk meminimalisir emisi gas buang yang bisa berdampak terhadap lingkungan," kata Donny.

"Sementara itu, Suzuki juga terus berupaya menghadirkan produk yang berkualitas, ramah lingkungan, dan terjangkau, serta pelayanan terbaik untuk konsumen," imbuhnya.


Baca juga: Hemat biaya bensin saat mudik, gunakan teknik berkendara ini

Baca juga: "Sekolah kaki kanan", cara komunitas Innova kenalkan "eco driving"

Baca juga: Eco driving Fun Rally dilepas Menteri LK dan Kehutanan
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022