Kemungkinan kami akan taruh 10 bus listrik di TMII, terdiri dari 9 bus kecil dan 1 bus besar.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo berencana untuk menyiapkan 10 bus listrik yang digunakan pada KTT G20 untuk melayani pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Kemungkinan kami akan taruh 10 bus listrik di TMII, terdiri dari 9 bus kecil dan 1 bus besar," ujar Kartika Wirjoatmodjo di TMII Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan, kehadiran bus listrik produksi BUMN PT INKA tersebut juga untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mewujudkan emisi rendah atau low emission.

"Jadi kita ingin mengedukasi terus dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memarkir kendaraan pribadinya di lahan parkir yang disediakan, kemudian masuk ke TMII dengan menggunakan beberapa bus listrik produksi BUMN PT INKA yang digunakan dalam KTT G20," katanya.

Baca juga: Pengunjung mulai datangi TMII pada hari pertama pembukaan

Dia berharap masyarakat bisa secara nyaman bertamasya atau menuju area anjungan dan sebagainya dengan bus listrik yang disediakan.

Tentunya Kementerian BUMN juga ingin secara bertahap masyarakat umum mulai beraktivitas di TMII.

Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, wajah baru TMII direalisasikan untuk mengembalikan ruh dan spirit pembangunan TMII sebagai miniatur Indonesia. Point dari revitalisasi ini adalah menghadirkan TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesian Beauty. PT TWC mengembangkan empat konsep TMII, salah satunya adalah Pilar Green atau Hijau.

Melalui Pilar Green, TMII akan berkontribusi mengurangi emisi, sekaligus mensuplai oksigen di kawasan TMII. Setelah revitalisasi, TMII terdiri dari 70 persen zona hijau dan 30 persen bangunan.

Dalam proses berbenah, Kementerian BUMN melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian lain dan para stakeholder, untuk peningkatan kualitas destinasi.

Baca juga: Pemkab Trenggalek pentaskan kesenian unggulan di TMII

Kolaborasi dilakukan dengan BNI, BRI, Bank Mandiri, INKA dan TELKOM untuk mendukung pengembangan destinasi TMII dibidang Art & Cultural, Flagship Archipelago, Electric Vehicle Transportation dan Open Air Stage.

Pembenahan dilakukan dalam berbagai lini, seperti perbaikan sistem online ticketing, penambahan jumlah Electric Vehicle, pembenahan fasilitas lain dsb.

Wisatawan diharapkan akan merasa lebih nyaman saat berkunjung ke destinasi wisata TMII, sebelum kedatangan, saat kedatangan, dan setelah meninggalkan TMII.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022