posko bencana nantinya ditempatkan di 10 kecamatan dan 65 kelurahan
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin meminta lurah dan camat beserta jajaran di wilayahnya menyiagakan posko bencana yang dapat segera difungsikan untuk membantu warga yang rumahnya kebanjiran saat turun hujan.

"Saya meminta agar para lurah, camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat kota yang terkait penanganan banjir agar serius mengaktifkan posko siaga bencana," kata Munjirin dalam rapat koordinasi di Jakarta, Rabu.

Munjirin mengatakan posko bencana nantinya ditempatkan di 10 kecamatan dan 65 kelurahan untuk membantu warga yang membutuhkan fasilitas di kala kesulitan dalam menghadapi bencana seperti banjir.

"Terlebih musim hujan sudah mulai dan biasanya akan terus berlangsung hingga Desember 2022 ini," tambah mantan Kepala Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional (Monas) itu dalam keterangan tertulisnya.

Munjirin mengarahkan lurah dan camat untuk terjun langsung memeriksa keberadaan sarana dan prasarana, seperti perahu karet, gergaji mesin, tenda, kelengkapan dapur umum, dan lainnya.

Dengan pemeriksaan kembali ini, diharapkan sarana dan prasarana sudah siap tersedia saat dibutuhkan kapan pun termasuk dalam keadaan darurat.

Selain itu, menurut dia, penting juga mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang ada agar bantuan bisa langsung dirasakan oleh warga terdampak.

"Setiap wilayah perlu membuat buku saku posko siaga bencana agar selalu dibawa, sehingga saat ada bencana untuk penanganan koordinasi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik lalu segera dapat ditangani," terangnya.

Kemudian, keberadaan waduk dan embung termasuk pompa air agar dimatangkan di tingkat masing-masing kecamatan berkoordinasi dengan Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Kasatpel SDA) di setiap wilayah Jakarta Selatan.

"Selain itu kebersihan lingkungan juga penting terjaga dengan baik. Salah satunya soal keberadaan tumpukan sampah yang ada di beberapa titik, itu harus sudah bersih," tutupnya.
Baca juga: Jaksel siapkan langkah pengendalian banjir di Mampang
Baca juga: Petugas gabungan kuras saluran air untuk antisipasi banjir di Jaksel
Baca juga: Petugas gabungan Jaksel dan warga bersihkan saluran cegah banjir

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022