Jakarta (ANTARA) - PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR) menggelar pelatihan berkendara dengan aman kepada siswa-siswa binaannya di PT Astra Honda Motor Safety Riding & Training Center Deltamas.

"Pelatihan ini kami selenggarakan dalam rangka mengedukasi siswa-siswi binaan dari SMPN 4 Leuwiliang dan SMKN 1 Leuwiliang untuk berkendara secara bijak dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku," kata Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo dalam keterangan resminya, Selasa.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 50 peserta ini merupakan hasil program kolaborasi dengan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menjadi pelopor program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berperilaku aman berkendara dan berlalu lintas.

Program ini juga diyakini sebagai bentuk nyata dukungan dari YPA-MDR untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam mengurangi jumlah fatalitas global yang disebabkan dari kecelakaan lalu lintas.

Untuk diketahui bersama, YPA-MDR yang berdiri sejak tahun 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi sosial berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah tertinggal di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah pra sejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera.

Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya. Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Baca juga: YPA kolaborasikan sektor otomotif dengan pendidikan

Baca juga: Yayasan Pendidikan Astra kirim 13 mahasiswa program Kampus Mengajar

Baca juga: Program pembinaan Yayasan Astra di Yogyakarta mandirikan 28 UMKM
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022