Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo atau Bamsoet terus mendorong pembentukan pengurus hingga tingkat kabupaten/kota dengan tujuan memudahkan dalam pembinaan.

"Sekaligus menggali lebih banyak lagi potensi balap dari generasi muda yang ada di 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Serta memperluas kerja sama IMI dengan berbagai pihak, dari mulai bupati/wali kota, hingga kerja sama dengan Kapolres dan jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) lainnya," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hingga saat ini, lanjut Bamsoet, baru Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sudah melantik pengurus IMI hingga tingkat kabupaten/kota.

"Saya berharap segara menyusul Jawa Tengah dan provinsi lainnya," kata Bamsoet yang bertemu dengan dengan Ketua IMI Provinsi Jawa Tengah Frits Yohanes di Surakarta, Jawa Tengah, kemarin.

Baca juga: IMI berkomitmen kirim lebih banyak pebalap muda pentas internasional

"Pembentukan pengurus IMI hingga tingkat kabupaten/kota dilakukan oleh IMI Provinsi, kemudian disahkan oleh IMI Pusat," katanya menambahkan.

Kehadiran pengurus IMI kabupaten/kota tidak mengurangi kewenangan IMI Provinsi, karena kata Ketua MPR tersebut, rekomendasi event otomotif serta pengesahan klub otomotif di tingkat kabupaten/kota, tetap menjadi kewenangan IMI Provinsi.

Dalam kesempatan ini, Bamsoet juga mengapresiasi pengurus IMI Jawa Tengah yang sukses menyelenggarakan Kejuaraan Provinsi Jateng Road Race di Sirkuit Manahan Solo, Jawa Tengah pada 12-13 November 2022.

Ajang tersebut diikuti sekitar 472 pebalap, yang juga didatangi langsung oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang juga merupakan Dewan Penasihat IMI Jawa Tengah.

"Kejuaraan Provinsi tersebut menjadi momentum setelah sekian lama Sirkuit Manahan tidak digunakan untuk kegiatan balap motor. Membangkitkan kembali geliat balap motor di Surakarta, sehingga pembinaan atlet bisa kembali berjalan sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat Surakarta," pungkas Bamsoet.

Baca juga: IMI Pusat bertemu Wali Kota Surakarta rencana bangun arena balap

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022