Jakarta (ANTARA) - Badan Kordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Bakdo HMI) Jabodetabeka-Banten mengapresiasi Presiden Joko Widodo memimpin Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Saya mengapresiasi sangat tinggi terhadap Presiden Jokowi atas suksesnya KTT G20 di Bali dengan aman dan damai," kata Ketua Umum Bakdo HMI Jabodetabeka-Banten M. Adhiya Muzakki di Jakarta, Jumat.

Menurut Adhiya, penyelenggaraan KTT G20 pada 16-17 November lalu telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Terlebih, tambahnya, sejumlah pemimpin negara G20 yang hadir terlihat antusias menikmati keindahan wisata dan budaya Indonesia.

"Harus diakui Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah G20 yang digelar di Bali. Terlihat beberapa pemimpin negara tersenyum puas atas kerja keras Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20; serta berkomitmen bekerja keras menyisihkan perbedaan untuk menghadirkan sesuatu yang konkret yang bermanfaat bagi dunia," katanya.

Dalam KTT G20 di Bali, dia mengatakan untuk pertama kalinya Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu.

Baca juga: G20 Bali Leaders' Declaration lentera dunia menuju pulih bersama

"Luar biasa ya. Hanya Pak Jokowi yang bisa mempertemukan kedua pemimpin negara digdaya itu. Pemimpin lain belum tentu bisa," kata Adhiya.

Hasil dari KTT G20 itu telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional serta mampu meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya di Bali, sebagai tempat berlangsungnya KTT.

"Yang pasti, efeknya luar biasa. Pagelaran luar biasa, efeknya juga akan luar biasa," ujarnya.

Dia juga mengapresiasi kerja keras TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam menjaga keamanan serta melaksanakan fungsi intelijen untuk mengawal keberlangsungan agenda Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga: BI: Bali Leaders' Declaration keberhasilan Presidensi G20 Indonesia

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022