Jakarta (ANTARA) - PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) kembali menghadirkan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) dengan tajuk utama "Bersinergi dan Berkolaborasi Bangun Pendidikan Indonesia" yang diikuti oleh Kepala Sekolah dari 13 wilayah binaan.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan bahwa pihaknya akan selalu terus berupaya untuk bisa memformulasikan program pembinaan yang memberikan manfaat positif.

Strategi itu juga mengharuskan berbagai pihak untuk semakin selektif dalam menentukan program dan terus melakukan analisa akan pencapaian target-target serta dampak setiap program dan kegiatan pembinaan yang ada.

"Selain program reguler Tahapan Sekolah, program-program spesifik dan ikonik seperti School Collaboration System, Media Ajar Interaktif, CerMat (Cerdas Matematika), Guru Muda Garda Depan, Mahasiswa Mengajar Kemitraan, Kewirausahaan, Sanggar seni area dan Komunitas Pembatik Cilik merupakan contoh program sasaran yang kami akan terus memonitor dan menganalisa dampaknya bagi kemajuan sekolah," kata Herawati Prasetyo dalam keterangan resminya, Kamis.

Herawati juga menambahkan bahwa YPA-MDR juga akan fokus untuk memberikan berbagai pelatihan literasi dan numerasi yang berguna untuk menghasilkan nilai pendidikan terbaik melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Tidak hanya itu saja, berbagai fasilitas juga turut diberikan untuk menunjang berbagai kegiatan yang menambah wawasan seperti menunjang digitalisasi sekolah dengan memberikan bantuan laptop dan jaringan internet di beberapa wilayah yang memang sulit untuk mendapatkan konektivitas.

Selanjutnya, YPA-MDR juga turut aktif untuk memberikan pelatihan IT serta program-program inovasi pembelajaran yang berbasis digital agar sekolah siap menghadapi tantangan global.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR juga memberikan apresiasi kepada sekolah binaan yang telah mendapatkan predikat sekolah dan guru penggerak serta berbagai kategori penghargaan lain diantaranya Juara Umum Implementasi Pembinaan 4 Pilar (akademik, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup).

Selanjutnya juga ada Pencapaian Komitmen, Implementator ISO 9001:2015, Perawatan Sekolah Mandiri, Kepala Sekolah dan Guru Inspiratif serta Kepala Sekolah dengan management terbaik dan predikat sekolah unggul.

Untuk diketahui bersama, program mencerdaskan bangsa ini sudah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 Kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Kegiatan ini juga turut diprakarsai oleh PT. Marga Mandalasakti, PT. Lintas Marga Sedaya, PT. United Tractors Tbk, PT. Pama Persada Nusantara dan Grup, Yayasan Bina Harati Pama, PT. Tuah Turangga Agung, PT. Astra Honda Motor, PT. Asuransi Astra Buana dan PT. Federal International Finance.

Baca juga: Guru binaan Astra YPA-MDR torehkan prestasi kompetisi skala nasional

Baca juga: YPA-MDR gelar pelatihan aman berkendara untuk siswa SMK

Baca juga: Yayasan Pendidikan Astra kirim 13 mahasiswa program Kampus Mengajar


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022