dan membangun ikatan keluarga yang lebih kuat
Jakarta (ANTARA) - Bermain bersama dapat membantu mempererat hubungan antara anak dan orangtua sehingga semakin akrab, seperti yang dikemukakan dalam Marketing Director of The LEGO Group Asia Tenggara Rohan Mathur.

Berdasarkan Play Well Study yang membantu The LEGO Group memperdalam pemahaman tentang kebutuhan dan persepsi terhadap permainan dan kreativitas, ada temuan bahwa LEGO play dianggap bermanfaat bagi orangtua dan keluarga secara keseluruhan.

"98 persen dapat membantu anak-anak untuk merasa rileks dan membangun ikatan keluarga yang lebih kuat," kata Rohan di Jakarta, Rabu.

Ia berkaca juga dengan pengalamannya sendiri sebagai seorang ayah dari putri berusia tujuh tahun. Menurut Rohan, salah satu momen terbaik saat menghabiskan waktu bersama putrinya adalah ketika mereka bermain bersama membangun LEGO bertema luar angkasa.

Baca juga: Ketahui minat dan bakat anak dari caranya bermain

Dalam laporan tersebut, ada juga temuan lain seputar bermain seperti 97 persen orangtua menganggap LEGO bisa membantu tumbuh kembang anak dalam sisi emosional, fisik, sosial, dan kognitif. Bermain juga dapat dijadikan eksperimen dan ruang aman untuk melakukan kesalahan.

Hampir semua responden juga merasa bahwa eksperimen dan belajar dari kesalahan dapat membantu perkembangan anak.

"LEGO play dianggap bermanfaat bagi orangtua dan keluarga secara keseluruhan. 98 persen dapat membantu anak-anak untuk merasa rileks dan membangun ikatan keluarga yang lebih kuat," jelas dia.

Selain itu, 8 dari 10 anak-anak menginginkan waktu bermain yang lebih banyak dengan orang tuanya.

Ia mengatakan LEGO bisa memberikan berbagai kesenangan dan memicu kreativitas karena semua bisa dibuat sesuai keinginan masing-masing anak. Mainan ini dapat dimainkan sendiri atau bersama-sama.

Baca juga: Liburan sekolah, ajak anak bermain sambil belajar

"Tidak ada cara yang benar atau salah dalam bermain karena 'Permainan Terus Berubah'," katanya, menyebut kampanye tahunan yang bertujuan menyatukan keluarga dan memanfaatkan kekuatan bermain untuk menjalin ikatan keluarga.

Ia mengatakan pihaknya ingin memberikan dampak positif untuk anak dalam menginspirasi kreativitas dan mendorong mereka mencoba hal baru.

The LEGO Group akan menyelenggarakan LEGO Playhouse mulai pekan ini di Tunjungan Plaza 6, Surabaya, Gandaria City, Supermal Karawaci, Ciputra World Surabaya.

Sementara itu, The LEGO Playhouse tersedia untuk publik agar merasakan perbedaan berbagai station, baik itu membangun kota ideal dengan LEGO bricks, dan berbagai aktivitas permainan.

Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat mempelajari hal-hal baru, meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah, dan menjadi lebih baik ketika mereka mencoba, berbuat kesalahan, dan mencoba lagi sekaligus menambah waktu berkualitas bersama keluarga.

Baca juga: Ide permainan untuk anak tanpa gawai

Baca juga: Psikolog ajak orang tua jaga kesehatan mental anak dengan bermain

Baca juga: Psikolog: Stimulasi anak dengan bermain di luar sangat penting

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022