kami libatkan 50 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) 
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat membersihkan seluruh tali air di jalan protokol sekitar Monas dan Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat untuk mencegah munculnya genangan saat hujan deras.

"Pada hari ini, kami libatkan 50 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU)  menyisir Jalan Medan Merdeka Selatan, Merdeka Barat, Merdeka Timur, Merdeka Utara, dan Kantor Kelurahan Gambir yaitu, Jalan Budi Kemuliaan," kata Camat Gambir Andri Ferdian di Jakarta, Jumat.

Andri melanjutkan pembersihan tali-tali air yang dilakukan PPSU gabungan dari enam kelurahan yang ada di Kecamatan Gambir berlangsung serentak.

“Jadi  pemeliharaan tali-tali air ini harus dilakukan setiap hari terlebih di kala musim penghujan, jangan sampai adanya genangan air lantas jadi macet dan bisa menghambat kegiatan warga masyarakat,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian (Kabag) Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Pusat Martua Sitorus menambahkan kegiatan ini serentak diadakan di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat.

“Tadi masih kita temukan adanya kotoran-kotoran yang menyumbat di beberapa tali air, mungkin dengan adanya pembersihan serentak ini akan mengurangi genangan-genangan yang terjadi di jalan protokol apabila ada hujan turun dengan intensitas yang cukup tinggi,” kata Martua Sitorus.

Menurut Martua, kegiatan pembersihan tali-tali air dilakukan secara rutin oleh PPSU. Namun, untuk momen hari ini Wali Kota Jakarta Pusat menyerukan kembali dilakukan pembersihan secara serentak.

Dalam rangka pelayanan kepada masyarakat untuk pengendalian banjir, kegiatan pembersihan tali-tali air yang merupakan akses air dari jalanan menuju saluran.
Baca juga: Jakarta Pusat kerahkan 860 personel untuk antisipasi banjir
Baca juga: SDA DKI keruk sungai di 10 lokasi di Jakarta Pusat
Baca juga: Wali Kota Jakpus perintahkan UKPD harus atasi banjir surut 6 jam

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022