Jakarta (ANTARA) – PT WIKA Industri Manufaktur [WIMA] selaku manufaktur dan principal Sepeda Motor Listrik GESITS akan turut mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Hal ini ditunjukkan dengan digunakannya Sepeda Motor Listrik GESITS sebagai kendaraan mobilitas pada KTT G20 di Bali.

Sebanyak 20 unit sepeda motor listrik GESITS akan dipakai oleh Polisi Lalu Lintas atau Polantas POLDA Bali yang nantinya digunakan untuk menunjang kegiatan pengamanan dan kendaraan mobilitas saat KTT G20 Bali.

ANTARA/WIMA

Selain itu, sebanyak 40 unit GESITS juga akan dioperasikan sebagai sarana transportasi oleh Electrum sebagai Layanan ojek motor listrik gratis sebagai shuttle (angkutan penumpang) dan 100 unit GESITS digunakan sebagai armada Grab Electric untuk mendukung mobilitas para delegasi, panitia, serta peserta KTT G20 di Bali.

Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur, M. Samyarto mengatakan dukungan tersebut merupakan bukti dari komitmen WIMA sebagai bagian dari WIKA Group dalam mendukung akselerasi mobilitasdan era elektrifikasi di Indonesia.

“Wujud dukungan tersebut merupakan representasi kesiapan WIMA dalam merealisasikan fokus transformasi energi yang menjadi salah satu topik pembahasan penting di Presidensi G20 Indonesia serta bentuk partisipasi WIMA dalam mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Samyarto.

Tidak hanya dengan memasok kendaraan listrik, WIMA juga bekerjasama dengan Grab Indoensia dalam menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di 6 titik lokasi SPBU Nusa Dua dan Denpasar, di antaranya SPBU Gatot Subroto Timur, SPBU Cokroaminoto, SPBU Hayam Wuruk, SPBU Mahendradatta, SPBU Kerobokan, dan SPBU Jimbaran.

Samyarto berharap dengan pemanfaatan kendaraan listrik selama KTT G20 nanti dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, khususnya GESITS dan dapat membantu percepatan program sepeda motor listrik untuk mendukung kemandirian energi nasional dan net zero emisi pada tahun 2060.

GESITS, Motor Listrik Kebanggaan Indonesia

PT WIKA Industri Manufaktur yang lebih dikenal WIMA merupakan anak perusahaan dari PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi yang bergerak di bidang industri manufaktur dan assembling khususnya di sepeda motor listrik.

GESITS memiliki 162 komponen dengan 85% komponen diproduksi di dalam negeri. Untuk Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) GESITS saat ini sebesar 46,73%.

GESITS dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai dan dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan ponsel pengendara.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022