Jakarta (ANTARA) — Puluhan merek nasional berhasil memperoleh Top Halal Award 2022 dari IHATEC (Indonesia Halal Training & Education Center). Penganugerahan penghargaan ini dilaksanakan di Jakarta, Rabu.

Direktur IHATEC Evrin Lutfika mengatakan, Top Halal Award adalah penghargaan yang didasarkan hasil survei Top Halal Index yang dilakukan oleh IHATEC Marketing Research di 5 kota besar, yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar dengan melibatkan 1.300 responden.

“Merek yang mendapatkan Top Halal Award adalah merek yang memiliki Indeks Top Halal (TOP HALAL INDEX) di atas indeks rata-rata di kategorinya dan indeks merek tersebut berada di posisi 3 teratas (top three),” ujarnya.

Top Halal Index dibangun oleh dua elemen besar, yaitu elemen Merek dan elemen Halal. Ada 3 parameter yang membentuk elemen Merek, yaitu Top of Mind Halal Brand Awareness, Last Usage Brand Halal dan Future Intention Brand Halal. Sedangkan Elemen Halal dibentuk oleh 4 parameter yaitu Persepsi terhadap komunikasi Kehalalan produk, Persepsi Kehalalan terhadap Bahan Baku, Persepsi Kehalalan terhadap Proses Produksi dan Persepsi Kehalalan pada Kemasan Produk.

Sementara itu Wakil Staf Khusus Wakil Presiden RI, Lukmanul Hakim, dalam sambutannya mengatakan Top Halal Award diharapkan bisa menjadi Akselerasi terwujudnya Indonesia Menjadi Pusat Industri Halal Dunia.

“Kementrian dan Lembaga termasuk BPJPH dan KNEKS diharapkan dapt memanfaatkan gerakan ini sebagai langkah sinergi menuju Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia 2024”, imbuh Lukman.

Adapun merek-merek yang mendapatkan Top Halal Awards 2022 di antaranya adalah ABC untuk kategori Saus Sambal, Kecap Manis dan Sarden Dalam Kaleng, Merek Lux (Sabun Mandi) dan Walls (Ice Cream). Kemudian ada Garuda (Kacang Kulit dan Kacang Atom) dan Gery (Cookies), juga merek Lafonte (Pasta), Inaco Mini Jelly (Jelly Agar), dan merek lainnya seperti Masako (Penyedap Rasa), Sari Ayu (Skincare), Garnier (Sabun Cuci Muka), McD (Restoran Siap Saji), Kopi Kenangan (Coffee Shop), Sushi Tei (Restoran Ramen & Sushi) dan merek lainnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022