Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah informasi penting bidang ekonomi pada Rabu (26/10) yang masih layak disimak pada pagi ini, seperti persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, mencapai 95 persen atau mendekati rampung, hingga Kementerian PUPR siap melakukan uji coba sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF)

Menko Marves: Persiapan KTT G20 di Bali mencapai 95 persen

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, mencapai 95 persen atau mendekati rampung.

Oleh karena itu, ia optimistis Bali siap menjadi lokasi acara KTT G20 atau yang disebut juga G20 Bali Summit pada 15–16 November 2022

Berita selengkapnya


Bertemu Menteri Nigeria, Mendag fokus tingkatkan kemitraan bilateral

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Menteri Negara Bidang Industri, Perdagangan, dan Investasi Nigeria Mariam Yalwaji Katagum di Jakarta, untuk membahas peluang peningkatan kerja sama perdagangan bilateral Indonesia dan Nigeria.

“Hubungan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Nigeria dapat terus ditingkatkan. Saya optimis bahwa total perdagangan kedua negara akan terus naik hingga mencapai 4 miliar dolar AS. Untuk itu perlu upaya konkret bagi kedua negara dalam mendorong peningkatan perdagangan dan investasi," ujar Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya

 

Menteri PUPR berharap target nol kawasan kumuh bisa tercapai pada 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap target nol kawasan kumuh dapat tercapai pada 2024 dalam rangka mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dia mengungkapkan sejak 2021, program penanganan kawasan kumuh diintegrasikan dengan program penanganan kemiskinan ekstrem sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Berita selengkapnya


Kementerian ATR: HGB 160 tahun di IKN tak menyalahi UUPA

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) menyebutkan, pemberian izin hak guna bangunan (HGB) bagi investor di Ibu Kota Nusantara (IKN) selama 80 tahun dan dapat diperpanjang hingga 160 tahun tak menyalahi aturan yang ada.

Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Suyus Windayana dalam keterangannya saat dihubungi di Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa pemberian izin HGB hingga 80 tahun dan dapat diberikan siklus kedua selama 80 tahun berikutnya sudah sesuai dengan regulasi dalam UU Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) tahun 1960.

Berita selengkapnya


BPJT PUPR siap uji coba MLFF di Tol Balikpapan-Samarinda, dekat IKN

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melakukan uji coba sistem pembayaran tol nontunai tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) dengan menggunakan aplikasi Cantas di Tol Balikpapan-Samarinda, dekat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan pihaknya sudah mengidentifikasi ada enam ruas tol yang akan diuji coba MLFF, yakni Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Dalam Kota, Jakarta Outer Ring Road (JORR) termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong, Bali-Mandara, dan Balikpapan-Samarinda.

Berita selengkapnya


​​​​​​​Baca juga: Kemarin, investasi manufaktur melonjak hingga pembangkit EBT PLN
Baca juga: Kemarin, investasi Rp200 triliun masuk ke IKN hingga transportasi DKI
Baca juga: Kemarin, pembangunan Bendungan Sepaku IKN hingga Trade Expo indonesia


 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022