Kemampuan how to ride the wave of geoeconomic adalah penting bagi para pebisnis
Jakarta (ANTARA) - CEO/Direktur Utama 4848 Group Dadan Pahlawan Irawan bersama Konjen RI di Houston, Amerika Serikat, mendapat kesempatan menyampaikan ceramah yang membahas tentang pengalaman menjalankan bisnis dalam masa krisis kepada para mahasiswa dan staf Fakultas Bisnis Universitas Texas-Arlington.

Keterangan resmi Konsulat Jenderal RI di Houston, AS yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan ceramah Dadan yang diselenggarakan pada 19 Oktober 2022 itu, dihadiri pula oleh perwakilan masyarakat dan diaspora Indonesia serta perwakilan bisnis dari Waco-Texas.

Dalam diskusi, Dadan menceritakan pengalaman menjalankan bisnis dalam masa krisis dan menyebutkan pentingnya bagi CEO untuk mampu membaca situasi dan kondisi serta menyesuaikan strategi bisnis.

Ia menekankan kemampuan how to ride the wave of geoeconomic adalah penting bagi para pebisnis, selain juga kemampuan mencari solusi, mengubah strategi dan mencari kesempatan dalam berbagai situasi ekonomi.

Dadan yang berpengalaman dalam berbagai bisnis di antaranya transportasi dan logistik, telah mengembangkan bisnisnya ke Singapura, Malaysia, Thailand, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat.

Dari pengalaman tersebut, ia juga menceritakan bagaimana perusahaannya menghadapi krisis ekonomi tahun 1998, tahun 2018 dan pasca-COVID-19, dimana ekonomi dunia melihat peningkatan inflasi dan berbagai ketidakpastian. Dadan menegaskan bahwa yang diperlukan adalah inovasi dan saling kerja sama antara negara maju dan berkembang.

Konjen RI di Houston Andre Omer Siregar yang turut dalam diskusi, juga menyampaikan pentingnya peran pemuda dan pendidikan tinggi, serta kemampuan untuk memanfaatkan jejaring yang ada.

"Kemampuan mengembangkan jejaring ini cukup penting mengingat para pemuda adalah calon pemimpin masa depan, baik sebagai CEO, pembuat kebijakan maupun posisi strategis lainnya," katanya.

Selain menghadiri ceramah, Dirut 4848 juga menjajaki kerja sama antara UT Arlington dengan Universitas Indonesia dan Universitas Binus dalam program MBA dan double degree kelas internasional. Dadan juga akan berkunjung ke Clayton State University, Atlanta pada 24 Oktober 2022 untuk memberikan ceramah.

Andre mengatakan Dirut 4848 ini merupakan salah satu profil pebisnis Indonesia yang tidak hanya berhasil mengembangkan bisnisnya di Indonesia, namun juga di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat, dan telah berpengalaman menghadapi berbagai kondisi ekonomi tidak menentu.

Saat ini, 4848 Group telah menjadi sebuah perusahaan keluarga yang modern. Selain transportasi dan logistik, usaha lain yang digeluti 4848 Group mencakup IT kebandaraan, umrah/haji, properti, kontraktor pengerukan, konsultan bisnis, penyewaan kapal, perkebunan dan pertanian. Selain di Indonesia, grup usaha 4848 tersebar di sejumlah negara antara lain di Singapura, Malaysia, UAE, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

KJRI Houston mendukung para pebisnis Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya di wilayah kerja KJRI Houston, serta mengajak para pebisnis Indonesia untuk mencari rekan kerja sama dari wilayah kerja KJRI Houston untuk mengembangkan bisnis di Indonesia, ujar Andre Omer.

Baca juga: CEO 4848: Indonesia berpeluang ekspor kopi dan tekstil ke Texas AS
Baca juga: 4848 Group fokus lanjutkan transformasi bisnis hadapi tantangan global
Baca juga: Dadan Irawan bawa 4848 Group ke mancanegara

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022