Jakarta (ANTARA) - Kerja sama PT Wika Industri Manufaktur yang merupakan anak usaha BUMN konstruksi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan sejumlah BUMN adalah wujud upaya percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Kerja sama ini merupakan bentuk sinergi BUMN dalam mendorong dan mendukung komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta wujud nyata mendukung program transisi energi bersih di Indonesia dan net-zero emisi pada tahun 2060 mendatang," ujar Direktur Utama WIMA M. Samyarto dalam pernyataannya, Rabu.

Baca juga: Wamen BUMN sebut kendaraan listrik dapat menghemat subsidi BBM

WIMA selaku principal sepeda motor listrik Gesits berkomitmen untuk memasok kebutuhan kendaraan listrik yang nantinya akan digunakan sebagai kendaraan operasional dan kendaraan dinas BUMN.

Selain itu, WIMA juga akan terus mendukung dan bekerjasama dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Samyarto berharap melalui kerja sama tersebut dapat membantu percepatan program sepeda motor listrik untuk mendukung kemandirian energi nasional dan net zero emisi pada tahun 2060.

Hal ini, kata dia, juga mencerminkan komitmen BUMN terhadap Presidensi G20 pada tahun 2022.

Baca juga: Menperin: Sosialisasi tingkatkan populasi kendaraan listrik

Sebelumnya, pada Selasa (18/10), WIMA menandatangani Nota Kesepahaman dengan sejumlah perusahaan BUMN dalam rangka mendukung percepatan KBLBB di lingkungan grup perusahaan BUMN.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan antara PT WIMA dengan PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), MIND ID, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Jasa Marga (Persero), dan PT Pupuk Indonesia (Persero).

Kegiatan tersebut disaksikan oleh Wakil I Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi Dwi Johardian, pada acara State Owned Enterprise (SOE) International Conference 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali.

Baca juga: PLN kembangkan sistem waralaba untuk perbanyak SPKLU dan SPBKLU

Baca juga: Pupuk Indonesia jalin kerja sama percepatan kendaraan listrik

Baca juga: Wamen BUMN: PLN siapkan 600 SPKLU di berbagai titik di Bali dukung G20
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022