Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto ingin generasi muda ikut andil dalam memajukan industri otomotif, terutama di pasar aftermarket dan mobil bekas karena aktivitas modifikasi mampu memajukan industri dalam negeri. 

“Modifikasi mendorong industri dalam negeri. Dan kali ini, Pak Bambang (Soesatyo, Ketua MPR RI dan Ketua IMI), menantang anak muda dan YouTuber untuk modifikasi mobil mereka dengan kreatif,” kata Airlangga dalam sambutannya di acara OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX Autos IMX 2022) di Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, Menteri Airlangga juga berharap industri otomotif khususnya di sektor modifikasi dan mobil bekas mampu mendorong nilai tambah di industri ini.

“Modifikator punya pasar di dalam dan luar negeri. Ada kekuatan craftmanship di dalamnya, dan modifikator adalah tenaga ahli yang memiliki keahlian sendiri berupa handskill dan teknologi,” ujar dia.

Ia menambahkan, pemerintah turut hadir dalam mendukung industri otomotif khususnya di modifikasi kendaraan. Airlangga memberikan contoh dimana Kementerian Perindustrian sudah membuat program terkait yang secara teknis pun dapat dipertanggungjawabkan.

Di sisi lain, Menko Airlangga mengatakan bahwa industri aftermarket, selama pandemi dua tahun terakhir mengalami peningkatan penjualan.

Untuk mobil bekas, ia memaparkan peningkatan sebesar 8 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut Airlangga, terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah pergeseran gaya hidup (lifestyle) dari masyarakat yang kini mampu membeli mobil bekas dengan cepat dan mudah.

“Ada perpindahan lifestyle dari pembelian mobil bekas yang sebelumnya langsung ke showroom, sekarang sudah bisa dilakukan di rumah. Mereka (pelaku usaha yang beralih ke digital) bisa mengubah tantangan menjadi peluang,” kata dia.

Sementara itu, OLX Autos IMX 2022 resmi dihelat di Jakarta Convention Center pada 1 dan 2 Oktober.

Pesta industri modifikasi dan produk aftermarket yang menampilkan ratusan karya buatan anak bangsa ini digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan memiliki visi penting dalam menggerakkan industri modifikasi di Indonesia.

Mengusung tema besar “The Indonesian Kalcer”, OLX Autos IMX 2022 mewadahi para pelaku industri modifikasi, aftermarket, dan lifestyle untuk menebar tren dan memicu pertumbuhan positif di ranah industri kreatif.

Baca juga: OLX Autos IMX 2022 siapkan "Supergiveaway" Subaru Forester dan Innova

Baca juga: Menengok persiapan pesta modifikasi OLX Autos IMX 2022

Baca juga: Bank Neo Commerce dukung gelaran OLX Autos IMX 2022

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022